Salurkan BLT El Nino, Kantorpos Purwokerto Pastikan Tak Ada Kendala Berarti

Sabtu, 06 Januari 2024 - 18:52 WIB
loading...
Salurkan BLT El Nino, Kantorpos Purwokerto Pastikan Tak Ada Kendala Berarti
Pos Indonesia menyalurkan BLT El Nino di Kantorpos KCU Purwokerto, Rabu (3/1/2024). Foto/Dok. SINDOnews
A A A
PURWOKERTO - Pos Indonesia kembali dipercaya pemerintah untuk menyalurkan bantuan langsung tunai (BLT) El Nino. Di awal tahun ini, penyaluran dilakukan di Banyumas, Jawa Tengah, Rabu (3/1/2024).

General Manager Kantorpos KCU Purwokerto yang juga selaku koordinator KC Banyumas Dias Woro Nugroho menjelaskan, ada tiga mekanisme yang dilakukan pihaknya agar penyaluran BLT El Nino berjalan lancar. Mulai dari penyaluran melalui Kantorpos, komunitas, hingga door to door.

Ketiga mekanisme tersebut persis seperti yang dilakukan Pos Indonesia selama menyalurkan bantuan-bantuan lainnya. Hal tersebut sudah terbukti ampuh.

"Jadi kita tetap melakukan penyalurannya bisa melalui komunitas yaitu, di desa-desa. Kita kunjungi balai desa untuk melakukan penyaluran. Ada juga yang kita lakukan secara door to door untuk yang istilahnya memang sudah rentan dan tidak bisa ke mana-mana lagi. Tetapi, beliau masih mendapatkan bantuan. Jadi kita melakukan door to door ke rumah," katanya dalam siaran pers, Sabtu (6/1/2024).

Pihaknya juga selalu mengutamakan kerja sama serta koordinasi dengan beberapa pihak agar penyaluran bantuan berjalan dengan baik dan tepat sasaran. Mulai dari dinas sosial, perangkat desa, hingga kecamatan.

"Untuk langkah-langkahnya, pasti begitu. Kita biasanya menerima informasi ataupun sudah berupa data. Biasanya kita langsung memang menginfokan bahwa akan dilakukan penyaluran dan lain sebagainya. Kita pasti koordinasi terkait dengan istilahnya, penyerahan surat undangan. Biasanya memang penerima apabila sudah membawa surat undangan dari PT Pos," lanjutnya.

Pos Indonesia juga menerapkan kecanggihan teknologi dalam membagikan bantuan. Selama mengalokasikan bantuan, Pos menggunakan aplikasi Pos Giro Cash.

Dias memastikan pihaknya telah menyalurkan BLT dengan maksimal. Bahkan dalam tiga hari, penyaluran telah mencapai target 97%.

Hal tersebut bisa dilakukan tak lepas dari koordinasi yang dilakukan pihaknya. Mereka juga mengerahkan ratusan juru bayar untuk bisa melakukan penyaluran yang cepat.

"Kurang lebih kami juga menyiapkan 150 juru bayar. Mereka langsung bergerak semuanya. Kita petakan daerahnya. Ini jadwal hari pertama, hari kedua, hari ketiga. Di situ semuanya langsung bergerak bersama-sama. Jadi dalam satu hari mungkin bisa sekitar 3.000 sampai 4.000 untuk penyaluran sehari," tuturnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1649 seconds (0.1#10.140)