Semua Layanan Publik di Kabupaten Pemalang Akan Terkoneksi

Senin, 26 Maret 2018 - 13:00 WIB
Semua Layanan Publik di Kabupaten Pemalang Akan Terkoneksi
Semua Layanan Publik di Kabupaten Pemalang Akan Terkoneksi
A A A
DI BAWAH kepemimpinan Bupati H. Junaedi, Kabupaten Pemalang terus menggenjot kemajuan. Salah satu caranya adalah penerapan e-government dan pemanfaatan teknologi informatika dan komunikasi (TIK). Langkah awal pemanfaatan TIK di tingkat desa atau dikenal dengan Desa Teknologi Informasi dan Komunikasi (Destika) terbilang sukses. Saat ini, dalam setiap layanan publik, desa-desa di Pemalang telah menggunakan TIK. Bahkan, penggunaan TIK di desa ini telah menjadi salah satu program unggulan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pemalang yang dinamai Pusat Pemberdayaan Informatika Perdesaan atau disingkat Puspindes.

Puspindes menjadi program inisiatif yang dibentuk oleh Pemkab Pemalang bekerja sama dengan relawan TIK di bawah pengawasan serta tanggung jawab Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa Kabupaten Pemalang. Inisiatif ini merupakan realisasi pelaksanaan UU Nomor 6 Tahun 2014 Tentang Desa.

Banyak kegiatan dilaksanakan dalam program tersebut. Hasilnya, Puspindes mendapat apresiasi dari tingkat nasional hingga internasional. Puspindes masuk sebagai nominator dalam ajang World Summit on The Information Society (WSIS) Prizes 2018 yang digelar di Jenewa, Swiss. Berkat program ini pula Bupati Pemalang H. Junaedi SH, MM dianugerahi sebagai Kepala Daerah Pelopor Teknologi Informasi Komputer Desa dari Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Provinsi Jawa Tengah. Penghargaan diberikan pada acara puncak peringatan Hari Pers Nasional (HPN) ke-32, 9 Maret lalu.

Junaedi mengatakan, untuk menuju Pemalang yang sejahtera, kanal-kanal informasi harus dibuka. Menurutnya lagi, dalam menangani permasalahan yang ada, sangat diperlukan adanya suatu sistem pelayanan publik yang berbasis TIK. Oleh karena itu, pada 2017 lalu, Pemalang mulai menerapkan sistem e-government. "Semua layanan publik diupayakan terkoneksi satu dengan lainnya," ujarnya.

Lalu apa kunci sukses Kabupaten Pemalang dalam pelaksanaan e-government tersebut? Simak laporan selengkapnya dalam Edisi Khusus Government Award Majalah SINDO Weekly No 04-07 Tahun 2018 yang terbit Senin (26/3/2018) hari ini.
(amm)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4587 seconds (0.1#10.140)