Tunggu Kepulangan Massa Lukas Enembe, Warga Jayapura Siaga

Jum'at, 29 Desember 2023 - 18:39 WIB
loading...
Tunggu Kepulangan Massa Lukas Enembe, Warga Jayapura Siaga
Iring-iringan massa saat penjemputan jenazah Lukas Enembe di Jayapura Kamis kemarin. Prosesi pemakaman akan dilaksanakan Jumat (29/12/2023) sore ini. Foto/Ist
A A A
JAYAPURA - Situasi Kota Jayapura kembali memanas usai pemakaman Almarhum Lukas Enembe hari ini di kediamannya di Kota Tengah Distrik Muara Tami. Situasi ini terjadi lantaran hoaks dan provokasi terus terjadi dan tersebar di medial sosial.

Kegelisahan warga buntut aksi anarkis masa pengarak Jenazah Lukas Enembe kemarin. Massa pengarak Jenazah anarkis dengan melakukan aksi pelemparan hingga melakukan pembakaran Denkesyah Korem 172/PWY dan belasan ruko di sekitar lampu merah Waena Distrik Heram.

Tak berhenti disitu, massa juga melakun pengrusakan terhadap beberapa bangunan di sepanjang PantaiHoltekam termasuk pasar buah milik masyarakat. Atas aksi-aksi anarkis ini, masa lain pun menyatakan diri, berharap tidak menjadi korban aksi massa Lukas.



Dan benar saja, selepas pemakaman Jenazah Lukas Enembe pagi tadi, ribuan massa tertahan di kediaman Almarhum Lukas di Koya Tengah, lantaran massa yang lain sedang berjalan untuk antisipasi kepululangan mereka.

Ratusan Brimob disiagakan dibeberapa titik warga, seperti di Pertigaan Tanah Hitam Abepura, pertigaan Otonom, Pertigaan Brimob, Lingkaran Abepura, Waena hingga ke Batas Kota dan wilayah Sentani.



”Kami memilih bersiaga daripada menjadi sasaran anarkis mereka (Pengantar Jenazah Lukas Enembe). Kami siaga, semua warga Abepura siaga,” ucap warga yang enggan disebut namanya.

Aksi siaga warga juga diperkuat lantaran sebuah truk yang rencananya akan menjemput massa Almarhum Lukas Enembe pulang. Truk yang memuat beberapa warga terperosok dan tak ayal menjadi sasaran amuk masa Almarhum Lukas. Truk berwarna kuning tersebut dibakar massa.

Atas ini warga lain tambah emosi,aparat kepolisian Polda Papua berupaya untuk mencegah terjadinya konflik horizontal atas peristiwa ini. Hingga saat ini, apparat gabungan masih melakukan penjagaan di wilayah Jayapura dan sekitarnya.
(ams)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4167 seconds (0.1#10.140)