Ganjar Tingkatkan Eksistensi Warga Difabel, Gagas Pendidikan Inklusif

Selasa, 26 Desember 2023 - 19:41 WIB
loading...
Ganjar Tingkatkan Eksistensi Warga Difabel, Gagas Pendidikan Inklusif
Capres 2024, Ganjar Pranowo saat mengunjungi Sanggar Inklusi Tunas Bangsa di Sukoharjo, Jawa Tengah, Selasa (26/12/2023). Foto/MPI
A A A
SUKOHARJO - Pasangan Capres-Cawapres nomor urut 3, Ganjar Pranowo-Mahfud MD menaruh perhatian khusus kepada kaum disabilitas agar dapat berkontribusi di berbagai aspek pembangunan nasional.

Hal ini ditandai dengan digagasnya program Sat Set Pendidikan Inklusif dan Kesetaraan untuk meningkatkan eksistensi para penyandang disabilitas di berbagai daerah di Tanah Air.



Program yang awalnya sukses diterapkan di Jawa Tengah selama 10 tahun kepemimpinan Ganjar Pranowo itu, akan diimplementasikan secara nasional melalui 21 Program Kerja Sat Set Ganjar-Mahfud, yaitu Program Disabilitas Mandiri Berprestasi.



“Program Sat Set ini bergerak di berbagai bidang, seperti kesehatan, pendidikan, ekonomi, dan lainnya. Secara keseluruhan diarahkan untuk mewujudkan Indonesia Sehat, Terampil, dan Berdaya,” ucap Ganjar saat mengunjungi Sanggar Inklusi Tunas Bangsa di Sukoharjo, Jawa Tengah, Selasa (26/12/2023).

Pada kesempatan itu, Ganjar juga mengapresiasi inisiatif pemerintah Kabupaten Sukoharjo, yang kini mengoperasikan sanggar inklusi untuk menampung anak-anak berkebutuhan khusus.

“Informasi dari Ibu Bupati sangat menarik. Ternyata, banyak orang tua malu memiliki anak berkebutuhan khusus. Maka, keberadaan sanggar ini, pendidikan inklusif akan terjadi dan mereka bisa bertemu. Ada terapisnya dan tentu saja, ini akan sangat membantu," ungkapnya.


"Tadi terapisnya menyampaikan, “Pak saya sudah lolos P3K, tapi saya ditempatkan di rumah sakit, terus siapa yang mengurus anak anak ini?” Ya, Ibu Bupati langsung bilang, sudah nanti kamu ditempatkan di situ. Jadi, mereka senang,” tambahnya.

Suami Siti Atikoh Apriyanti itu pun berpesan, kepada para orang tua yang hadir agar tidak membiarkan anak-anak difabel berdiam di rumah.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.9904 seconds (0.1#10.140)