Memilukan! Gajah Dugul di Taman Nasional Way Kambas Ditemukan Mati Kurus

Selasa, 26 Desember 2023 - 16:00 WIB
loading...
Memilukan! Gajah Dugul di Taman Nasional Way Kambas Ditemukan Mati Kurus
Seekor gajah liar jantan bernama Dugul ditemukan mati kurus di Taman Nasional Way Kambas (TNWK) Lampung Timur. Foto/Istimewa
A A A
LAMPUNG TIMUR - Seekor gajah liar berjenis kelamin jantan di Taman Nasional Way Kambas (TNWK) ditemukan dalam kondisi mati pada Minggu (24/12).Gajah bernama Dugul tersebut dikenal sebagai gajah paling ditakuti meskipun gajah Dugul tidak memiliki gading.

Plt Kepala Balai TNWK Hermawan membenarkan adanya seekor gajah liar yang mati di TNWK. Kurniawan menyebutkan, gajah Dugul ditemukan mati pada Minggu (24/12) siang.

”Tim penanggulangan konflik gajah Seksi PTN Wilayah III Kuala Penet, TNWK menemukan satu individu gajah dalam kondisi telah mati, Minggu (24/12) pukul 13.23 WIB,” kata Hermawan dalam keterangan tertulisnya, Selasa (26/12/2023).



Gajah Dugul dikenal sebagai gajah soliter atau hewan yang hidup secara mandiri atau tidak hidup berkelompok.Hermawan mengungkapkan, berdasarkan hasil pemeriksaan sementara, tidak ditemukan adanya tanda-tanda kekerasan baik bekas senjata ataupun jerat.

“Hasil pemeriksaan terhadap gajah soliter jantan dewasa bernama Dugul ini tidak ditemukan adanya tanda-tanda bekas senjata atau jerat,” jelasnya.

Usai ditemukan tewasnya gajah Dugul, tim medis langsung diturunkan untuk melakukan cek TKP dan neukropsi bangkai gajah untuk mengambil sample organ untuk dilakukan uji laboratorium guna memeriksa penyebab pasti kematian gajah Dugul tersebut.



Gajah Dugul selama ini telah dipasang GPS Collar guna memonitor posisi daerah jelajahnya serta mendeteksi konflik pada 2019 dan awal 2023.“Data terakhir menunjukkan gajah Dugul memiliki lingkar dada (LD) 411 cm, tinggi bahu (TB) 274 cm dan berat badan (BB) 4.304 kg," kata dia.

Selama pemasangan GPS Collar pergerakan gajah Dugul termonitor ke seluruh kawasan Taman Nasional Way Kambas dan peladangan masyarakat desa penyangga sesuai homerangenya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1837 seconds (0.1#10.140)