Hujan Lebat, Pencarian Korban Longsor Kembali Dihentikan

Sabtu, 24 Februari 2018 - 14:04 WIB
Hujan Lebat, Pencarian Korban Longsor Kembali Dihentikan
Hujan Lebat, Pencarian Korban Longsor Kembali Dihentikan
A A A
BREBES - Hujan deras yang mengguyur Kabupaten Brebes dan sekitarnya membuat Tim SAR gabungan menghentikan sementara aktivitas pencarian korban longsor di Desa Pasir Panjang, Kecamatan Salem. Mereka bergegas mencari tempat aman dan berteduh, karena dikhawatirkan terjadi longsor susulan.

"Hujan deras tadi sekitar pukul 12.00 WIB, pencarian langsung kita hentikan karena khawatir terjadi longsor susulan. Tanah di sini masaih sangat labil," kata Humas Basarnas Jateng, Zulhawary, Sabtu (24/2/2018).

Dia mengatakan, saat ini hujan sudah reda dan menyisakan gerimis. Meski demikian, Tim SAR gabungan belum kembali melakukan pencarian karena masih menunggu cuaca normal.

"Ini masih berhenti (melakukan pencarian). Tanah di sini sangat labil dan gembur. Kita melangkah saja itu bisa ambles sampai satu meter. Makanya kita malah sering jalannya pakai dengkul," tuturnya.

Pria asal Ngaliyan, Semarang itu, menambahkan, operasi pencarian dimulai pukul 06.00 - 17.00 WIB oleh Tim SAR gabungan. Potensi SAR yang terlibat di antaranya Basarnas, TNI, Polri, BPBD, Tagana, dan sejumlah elemen masyarakat.

"Total ada sekira 503 orang yang ikut dalam pencarian ini. Informasi terakhir ada 13 orang yang masih hilang dan diduga tertimbun material longsor. Semoga cuaca segera normal kembali biar kita bisa melanjutkan pencarian," terangnya.
(wib)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7618 seconds (0.1#10.140)