Libur Natal, Volume Kendaraan Meningkat di Exit Tol Singosari Malang

Sabtu, 23 Desember 2023 - 17:41 WIB
loading...
Libur Natal, Volume Kendaraan Meningkat di Exit Tol Singosari Malang
Suasana di Exit Tol Karanglo Malang. Foto/Avirista Midaada/MPI
A A A
MALANG - Volume kendaraan di pintu keluar (exit) Tol Singosari Malang , Jawa Timur mengalami lonjakan saat dua hari raya Natal 2023. Kendaraan bahkan terlihat padat selepas keluar Tol Singosari hingga arah Simpang Empat Karanglo.

Berdasarkan pantauan di Simpang Empat Karanglo, Sabtu sore (23/12/2023) kepadatan lalu lintas kendaraan terjadi dari arah Surabaya, baik yang menuju Kota Wisata Batu maupun ke Kota Malang. Di pintu keluar Tol Singosari Malang misalnya arus kendaraan sudah berhenti kurang lebih 800 meter jelang traffic light di Simpang Empat Karanglo.

Sedangkan kendaraan dari Tol Singosari Malang menuju Kota Malang sudah terjebak kemacetan sejak belok kiri kurang lebih 50 meter atau tepatnya di depan Indomaret Karanglo. Pertemuan arus dari keluar tol Karanglo, maupun dari jalan raya melalui fly over Karanglo memperparah kemacetan menuju arah Kota Malang.

Kemacetan bahkan sampai terjadi hingga menuju Kota Malang tepatnya di Flyover Arjosari. Ratusan kendaraan yang didominasi oleh kendaraan pribadi dan bus pariwisata tampak memadati ruas Jalan Raya Karanglo - Malang. Kendaraan-kendaraan ini didominasi oleh plat luar Malang yakni Surabaya raya, Jakarta, dan dari Jawa Tengah.



Di sini pengendara mobil pribadi hanya dapat memacu kendaraannya sekitar 5 kilometer per jam. Sedangkan bagi pemotor laju kendaraan hanya mampu dijalankan sekitar 10 kilometer per jamnya.

Petugas kepolisian dari Satlantas Polres Malang juga terlihat mengatur lalu lintas di Simpang Empat Karanglo, terutama yang menuju arah Kota Batu, maupun kendaraan dari Kota Malang yang akan masuk ke tol. Sejauh ini hingga pukul 17.11 WIB, memang belum ada rekayasa lalin yang dilakukan karena arus lalu lintas belum terjadi kepadatan berarti.

Muhammad Ridwan, pengendara mobil asal Semarang mengaku sedianya ia menghindari kemacetan dengan berangkat lebih dahulu dari ke Kota Malang. Ia berencana liburan bersama keluarganya hingga setelah natal.

"Ini tadi sudah 30 menit bergerak sedikit saja, dari Karanglo belok kiri mau ke Kota Malang, sudah nyaris 40 menit lebih ketahan macet, niatnya berangkat awal menghindari kemacetan," kata Ridwan, ditemui saat beristirahat di sebuah minimarket di Karanglo, Singosari, Kabupaten Malang.

Di sisi lain Kasatlantas Polres Malang AKP Adis Dani Garta mengakui ada peningkatan volume kendaraan cukup drastis di Simpang Empat Karanglo. Dari catatan Satlantas Polres Malang sejak hari Kamis hingga Sabtu ini tercatat terjadi kenaikan hingga 700 kendaraan.

"Dari hari Kamis sampai Jumat kemarin di exit Tol Singosari kendaraan yang menuju ke arah kawasan Wisata Batu yang terpantau di gate tol Singosari, mengalami peningkatan signifikan. Satu hari meningkat dari terhitung volume kendaraan ini diangkat 700 kendaraan," ucap Adis, ditemui terpisah.

Volume kendaraan sendiri diprediksi masih akan terus terjadi hingga Sabtu malam dan Minggu besok. Mengingat libur nasional Natal dan tahun baru terjadi sampai hari Selasa (26/12/2023) mendatang.
(hri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2047 seconds (0.1#10.140)