Kisah Kegagalan Pasukan Kesultanan Demak Hancurkan Penjajah Portugis di Malaka

Rabu, 20 Desember 2023 - 09:54 WIB
loading...
Kisah Kegagalan Pasukan Kesultanan Demak Hancurkan Penjajah Portugis di Malaka
Kesultanan Demak mengalami kegagalan saat dua kali menyerang penjajah Portugis yang menguasai Malaka, bandar pelabuhan perdagangan terbesar di dunia kala itu. Foto/Ilustrasi/Ist
A A A
KESULTANAN Demak yang menerima kabar jatuhnya Malaka ke tangan penjajah Portugis tak bisa diam. Mereka menyiapkan skenario menyerang bala tentara Portugis yang telah menguasai Malaka, bandar pelabuhan perdagangan terbesar di dunia kala itu.

Sultan Demak kedua yakni Pati Unus atau Yat Sun atau yang juga dikenal dengan sebutan Pangeran Sabrang Lor menyusun rencana penyerangan. Putra mahkota pendiri Kerajaan Demak Raden Patah itu menyiapkan armada besar.



Konon ada dua gelombang serangan besar Kesultanan Demak. Menariknya sebelum melakukan serangan ke Malaka, Pati Unus lebih dahulu mengirimkan intel-intel atau mata-mata dari pedagang-pedagang Jawa.

Taktik itu sebagaimana dikutip dari "Runtuhnya Kerajaan Hindu Jawa dan Timbulnya Negara-negara Islam di Nusantara" dari sejarawan Prof. Slamet Muljana, biasa dilakukan sebelum persiapan peperangan.

Pati Unus memimpin sendiri armada Demak ke Malaka pada tahun 1512. Bantuan masyarakat Jawa yang ada di Malaka, yang sangat diharapkan oleh Pati Unus, tidak kunjung datang karena pemimpinnya, Patih Kadir telah menyingkir ke Cirebon.

Armada yang sudah telanjur datang di Malaka segera dihadapi orang-orang Portugis yang telah siap menunggu di bentengnya.



Kapal-kapal yang mendekati pantai Malaka dihujani peluru dari benteng yang terletak di atas bukit. Serangan tentara Jawa di bawah pimpinan Yat Sun menemui kegagalan dan berhasil diusir dari pantai laut.

Orang-orang Portugis dibantu oleh menantu Sultan Mahmud, yakni Sultan Abdullah Raja dari Kampar menyingkirkan armada-armada Kesultanan Demak.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1134 seconds (0.1#10.140)