Tolong Rekan Tak Bisa Berenang, Pelajar Tewas Tenggelam di Pantai Indah Kapu Kolaka

Minggu, 17 Desember 2023 - 20:00 WIB
loading...
Tolong Rekan Tak Bisa Berenang, Pelajar Tewas Tenggelam di Pantai Indah Kapu Kolaka
Seorang wisatawan tewas tenggelam di Pantai Indah Kapu, Desa Sani-sani, Kecamatan Samaturu, Kabupaten Kolaka. Foto/Ist
A A A
KOLAKA - Seorang wisatawan tewas tenggelam di Pantai Indah Kapu, Desa Sani-sani, Kecamatan Samaturu, Kabupaten Kolaka, Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) pada pukul 14.05 WITA, Minggu (17/12/2023). Korban tewas saat hendak menolong rekannya yang tidak bisa berenang.

Kapolsek Samaturu, AKP Soekotjo menjelaskan, korban seorang pelajar bernama Aldi Saputra (17) warga Lingkungan II, Kecamatan Ladongi, Kabupaten Kolaka Timur (Koltim). Mereka berkunjung ke Pantai Indah Kapu bersama rekan dan keluarganya.

"Mereka berenang bertepatan dengan air laut pasang. Pengunjung sudah dihimbau agar tidak jauh meninggalkan garis pantai karena kedalaman laut berbeda-beda," ujarnya.

Kronologi tenggelamnya Aldi Saputra bermula disaat kedua rekannya berenang kurang lebih 100 meter dari bibir pantai. Korban saat itu sedang di darat dan melihat kedua digulung ombak pasang dan kesulitan berenang.



Aldi yang melihat keduanya nyaris tenggelam bergegas untuk menyelamatkan mereka. Sayangnya, korban kelelahan dan tenggelam.

Pengunjung yang melihat ketiganya berhasil melakukan evakuasi dan segera membawa Aldi ke Pustu Desa Sani-Sani karena tidak sadarkan diri. Sayangnya, nyawa Aldi tidak bisa diselamatkan. "Telah dibawa pulang keluaranya ke Koltim pada pukul 15.00 untuk dimakamkan," ucapnya.

Kata dia, kedua rekan Aldi sebelumnya sudah dihimbau bersama pengunjung lainnya oleh penjaga pantai untuk tidak berenang jauh dari daratan. Mereka dikemukakan sempat mematuhinya namun kembali turun ke laut dua menit kemudian.

Kawasan pantai itu, kata kapolsek, telah ada papan himbauan dan patok peringatan batas aman untuk berenang di sejumlah titik berbeda.

Hanya saja, beberapa pengunjung kerap melintasi hal itu karena yakni aman untuk berenang. Ia juga mengingatkan kepada para pengunjung untuk memperingatkan anggota keluarganya dan tidak lalai saat melepas mereka berenang bersama rekan-rekannya.

"Seharusnya pantai itu juga sudah perlu dibangun menara pemantau untuk mengawasi pengunjung. Apalagi kedepan akan semakin ramai karena menyongsong libur tahun baru," tutupnya.
(hri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0918 seconds (0.1#10.140)