Hari Juang Ke-78 TNI AD, Satgas Yonif 330 Tri Dharma Reboisasi Hutan di Intan Jaya Papua Tengah

Minggu, 17 Desember 2023 - 08:32 WIB
loading...
Hari Juang Ke-78 TNI AD, Satgas Yonif 330 Tri Dharma Reboisasi Hutan di Intan Jaya Papua Tengah
Satgas Pamtas Mobile Yonif 330 Tri Dharma memperingati Hari Juang TNI AD 2023 dengan mereboisasi kawasan hutan di wilayah Kabupaten Intan Jaya, Papua Tengah. Foto/Ist
A A A
INTAN JAYA - Satgas Pamtas Mobile Yonif 330 Tri Dharma memperingati Hari Juang TNI AD 2023 dengan mereboisasi kawasan hutan di wilayah Kabupaten Intan Jaya, Papua Tengah, Sabtu (16/12/23).

Dansatgas Yonif 330 Tri Dharma, Mayor Inf Dedy Pungky Irawanto menyampaikan reboisasi ini selaras dengan tema Hari Juang TNI AD ke-78 yaitu TNI AD bersama rakyat, bersatu dengan alam untuk NKRI.



"Secara bertahap Satgas 330 akan merestorasi ekosistem dengan mereboisasi lahan gundul di Pegunungan Intan Jaya sebagai upaya pencegahan dan penanggulangan bencana alam," jelasnya.

Dansatgas Yonif 330 Tri Dharma menjelaskan, kegiatan ini menindaklanjuti arahan KSAD Jenderal TNI Maruli Simanjuntak yang menegaskan agar TNI AD harus terlibat langsung dalam menjaga kelestarian alam.



Letda Inf Alfian, selaku koordinator kegiatan menjelaskan, pada kegiatan selama 2 hari ini, pihaknya menanam 78 batang bibit pohon mahoni di kawasan hutan gundul.

Penanaman bibit pohon mahoni ini merupakan upaya Satgas 330 dengan target jangka panjang.


"Menanam satu pohon dihari ini, menuai sejuta manfaat di masa depan," ujar Alfian.

Bantuan bibit mahoni yang dibudidayakan oleh Yonif 330 Tri Dharma itu berasal dari dukungan Gunadi Karjono, pengusaha di Tangerang yang menjadi inisiator Perkumpulan Karunia Merah Putih (KMP) yang consern pada masalah sosial, ekonomi dan lingkungan.

Menurut Gunadi, total benih pohon mahoni untuk penghijauan yang dikirimkan sejumlah 2.500 bibit.
(shf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1328 seconds (0.1#10.140)