Mahfud MD Perjuangkan Gaji Layak untuk Guru Madrasah dan Marbot Masjid

Minggu, 17 Desember 2023 - 06:13 WIB
loading...
Mahfud MD Perjuangkan Gaji Layak untuk Guru Madrasah dan Marbot Masjid
Cawapres Mahfud MD Menghadiri Halaqoh Kebangsaan Ponpes Manbaul Fallah, Cipatik, Cihampelas, (KBB) pada Sabtu (16/12/2023). Foto/MPI/Ferry Bangkit Rizki
A A A
BANDUNG BARAT - Calon wakil presiden (Cawapres) Mahfud MD menceritakan pengalaman memilukan tentang kondisi guru madrasah di Indonesia dihadapan ratusan kiai dan ajengan yang berkumpul di Kabupaten Bandung Barat (KBB), Jawa Barat pada Sabtu (16/12/2023).

Cerita nyata itu disampaikan Mahfud MD ketika menjadi pembicara dalam acara 'Halaqoh Kebangsaan' bersama para kiayi dan ajengan se-Bandung Raya di Pondok Pesantren Manbaul Fallah, Cipatik, Cihampelas, KBB.



Dalam orasi yang disampaikannya, Mahfud mengaku sudah melihat dan mendengarkan secara langsung fenomena yang menimpa para guru madrasah yang menurutnya belum mendapat perhatian layak.

"Ada yang melapor ke saya kamu digaji berapa? 175 ribu setiap bulan. Sudah berapa lama kerja? 13 tahun. Gaji 175 ribu setiap bulan sudah 13 tahun tidak ada yang memperhatikan padahal ini mendidik, itu kan berjasa bagi bangsa dsn negara," ungkap Mahfud.



Dia menilai peran guru madrasah yang begitu besar dalam menciptakan santri-santri yang berkualitas. Oleh karena itu, menurutnya perlu diberikan perhatian yang setimpal. Dirinya berjanji akan memberikan perhatian lebih terhadap pesantren dan guru madrasah.

"Yang seperti ini akan menjadi perhatian kami, ini bukan slogan karena anggarannya ada tinggal kita masukan aja," tegas Mahfud MD.



Kemudian, lanjut dia, pihaknya juga akan memberikan perhatian lebih terhadap marbot atau penjaga masjid. Dia menyebut negara perlu hadir untuk memberikan kejelasan nasib bagi para penjaga masjid.

"Marbot, yang membersihkan masjid, yang adzan itu gajinya gak jelas. Padahal masjid penting bagi pembinaan karakter bangsa, pembinaan bangsa," pungkas Mahfud MD.

Mahfud MD merupakan Cawapres pendamping Ganjar Pranowo sebagai calon presiden. Pasangan nomor urut 3 itu diusung PDI Perjuangan, Partai Perindo, PPP dan Partai Hanura di Pilpres 2024.
(shf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2069 seconds (0.1#10.140)