Resmikan Pasar Induk Among Tani Kota Batu, Presiden Jokowi: Ini Jadi yang Terbesar

Kamis, 14 Desember 2023 - 10:54 WIB
loading...
Resmikan Pasar Induk...
Presiden Joko Widodo saat meresmikan Pasar Induk Among Tani Kota Batu. Foto/Avirista Midaada/MPI
A A A
KOTA BATU - Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Pasar Induk Among Tani di Kota Batu. Peresmian pasar induk di Jalan Dewi Sartika, Kota Batu, Jawa Timur juga menandai pemanfaatan pasar yang telah dibangun sejak tahun 2021.

"Hari ini pasar induk Among Tani di kota Batu provinsi Jawa Timur yang dibangun sejak 2021 teleh selesai dan bisa dimanfaatkan oleh para pedagang untuk berjualan kembali," kata Jokowi dalam sambutannya, pada Kamis pagi (14/12/2023) di Pasar Induk Among Tani, Kota Batu.

Menurutnya, ada 2.700 pedagang kios dan los, yang memanfaatkan pasar yang dibangun menelan anggaran Rp 166,7 miliar dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN).

"Pasar Among Tani bisa menampung 2.700 kios dan los. Yang bisa semuanya bisa digunakan untuk berdagang baik di zona basah, kering, maupun makanan kuliner," kata Jokowi.



Menariknya kata Jokowi, pasar ini merupakan pasar terbesar di Indonesia yang pernah ia lihat. Bagaimana tidak menempati lahan seluas 3,4 hektar, pasar ini juga terdiri dari tiga lantai dan dilengkapi dengan fasilitas Kuliner food court hingga ekskalator atau tangga berjalan.

"Saya melihat ini adalah pasar terbesar yang pernah saya lihat di Republik Indonesia ini, menempati 3,4 hektar, gedungnya sangat megah, berlantai tiga," tukasnya.

Sebagai informasi Pasar Induk Among Tani Kota Batu dibangun melalui pendanaan APBN tahun 2021-2023 senilai Rp166,7 miliar dengan pembagian bangunan pasar terdiri dari lantai 1 sebagai zona basah, lantai 2 sebagai zona kering, dan lantai 3 sebagai zona makanan dan kuliner. Pasar ini mampu menampung sebanyak 2630 unit ini meilputi 1.716 unit kios dan 914 los.
(hri)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2356 seconds (0.1#10.140)