Genjot Omzet di Pasar Online, Pertamina Ajak UMKM Binaan Ikuti Pelatihan Foto Produk

Minggu, 09 Agustus 2020 - 12:07 WIB
loading...
Genjot Omzet di Pasar Online, Pertamina Ajak UMKM Binaan Ikuti Pelatihan Foto Produk
Genjot Omzet di Pasar Online, Pertamina Ajak UMKM Binaan Ikuti Pelatihan Foto Produk. Foto/SINDOnews/Dede Feb
A A A
PALEMBANG - Pandemi COVID-19 , Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) dituntut lebih kreatif memasarkan produknya, di berbagai jaringan pasar online yang kian menjamur.

Agar mampu bersaing di pasar online, UMKM harus bisa menampilkan gambar produk yang menarik minat konsumen.

Untuk itu, Pertamina menggandeng Pewarta Foto Indonesia (PFI) untuk memberikan pelatihan foto bagi seluruh mitra binaan UMKM Pertamina dalam pelatihan fotografi produk.

Pelatihan yang diberikan secara online tersebut diisi oleh Melly Sari dari PFI dan dibuka oleh VP CSR & SMEPP Arya Dwi Paramita.

Menurut Melly, UMKM harus mulai memanfaatkan jalur pemasaran digital ketika model pemasaran tradisional mulai sepi peminat, karena masyarakat masih enggan keluar rumah.

Pelatihan fotografi ini diikuti oleh sembilan mitra binaan Region Sumbagsel dari Palembang, Lampung dan Musirawas.

"Dengan kamera smartphone kita bisa berkreasi serta memaksimalkan peralatan yang ada, sehingga tidak perlu lagi menggunakan kamera mahal seperti DSLR. Apalagi saat ini sudah banyak aplikasi-aplikasi pendukung editing foto yang mempermudah kita," ujar Melly, Minggu (09/08/2020).

Salah satu peserta asal Palembang, Nesya mengatakan, pelatihan ini sangat bermanfaat sebagai sarana promosi.

"Ternyata usaha barbershop pun bisa dipromosikan di akun media sosial, asalkan kita bisa mengemasnya," ujar pemilik Barbershop Elmidas Barber Nesia.

Hal senada juga diungkapkan Kiagus B Fikri, pengusah songket Fikri Koleksi. Baginya, salah satu ilmu yang didapat adalah bagiamana mengoptimalkan telepon genggam sebagai sarana foto produk, sehingga bisa mendapatkan hasil gambar yang maksimal.

"Ponsel sekarang sudah dilengkapi dengan kamera yang mumpuni. Tinggal bagaimananya kita saja memaksimalkan fitur kamera di ponsel," jelasnya. (Baca juga: 2.498 Guru Honorer Non-Kategori se-Sumsel Berharap Diangkat PNS)

Sementara itu, Region Manager Communication, Relations & CSR Pertamina Sumbagsel, Rifky Rakhman Yusuf menyampaikan, kegiatan ini sebagai upaya Pertamina dalam mendorong potensi ekonomi UMKM sebagai penggerak perekonomian bangsa. (Baca juga: 5 Karyawan Bank Sumsel Babel Lubuklinggau Positif COVID-19)

"Pertamina terus mendukung mitra binaannya, dalam mengembangkan peluang bisnis dan pemasaran di masa pandemi, agar tetap eksis dan tahan banting," singkat Rifky.
(boy)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2815 seconds (0.1#10.140)