Gubernur Bengkulu Hadiri Pameran UMKM di Malaysia: Perkuat Hubungan Pebisnis dengan Mitra

Rabu, 13 Desember 2023 - 16:40 WIB
loading...
Gubernur Bengkulu Hadiri Pameran UMKM di Malaysia: Perkuat Hubungan Pebisnis dengan Mitra
Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah menghadiri pameran UMKM Merdeka Export 2023 Melaka-Malaysia. Foto/Ist
A A A
BENGKULU - Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah menghadiri pameran UMKM Merdeka Export 2023 Melaka-Malaysia. Kegiatan yang berlangsung selama empat hari sejak 7-11 Desember 2023 ini diselenggarakan di Hotel Tun Fatimah Riverside, Kota Melaka, Malaysia.

”Tujuan digelarnya Business Matching ini untuk memperkuat hubungan antara pelaku bisnis dengan para calon mitra,” ujar Rohidin, Rabu (13/12/2023).

Selaku inisiator event ini, Rohidin Mersyah menyatakan pameran ini juga untuk memamerkan produk unggulan Bengkulu serta Indonesia di Malaysia dan menciptakan kemitraan yang saling menguntungkan.

"Diselenggarakannya UMKM Merdeka Export 2023 Melaka-Malaysia ini untuk memberikan kesempatan emas bagi pengusaha UMKM Bengkulu terutama Indonesia agar terhubung dengan pelanggan dan mitra bisnis baru di Malaysia, sambil mendekati pasar Singapura, Thailand, dan Korea," ujarnya.



Senada, CEO Cybers Group Dedi Yudianto mengatakan, tujuan digelarnya Business Matching ini untuk memperkuat hubungan antara pelaku bisnis dengan para calon mitra. Para pelaku usaha di Malaysia dapat membantu memasarkan produk UMKM asal Indonesia di Negeri Jiran tersebut.

“Jadi banyak perusahaan-perusahaan lain yang berminat membantu produk-produk UMKM yang cocok di Malaysia, sehingga bisa terjadi transaksi secara rutin,” katanya.

Dedi berharap, tingginya transaksi itu bisa mendorong produk UMKM Indonesia mendunia atau top global di negeri orang. Apalagi kontribusi UMKM di Indonesia sangat besar bagi perekonomian, karena mengacu dari data Kementerian Koperasi dan UKM bahwa terdapat 65,4 juta pelaku UMKM pada 2019.

Dengan jumlah unit usaha sebanyak itu, kata Dedi, terdapat 123.000 tenaga kerja yang terserap. Hal inilah yang membuktikan bahwa dampak dan kontribusi UMKM sangat besar bagi perekonomian Tanah Air.

“Hasil Business Matching kemarin, dari segi food and beverage itu seluruh produknya dibeli oleh Indomart dan akan didisplay di empat outlet Indomart di Kuala Lumpur, dan mana yang paling laku akan di-repeat order (pesan ulang) dari sana,” jelasnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.5026 seconds (0.1#10.140)