Kado Hari Jadi ke-58, Pemkab Tabalong Borong Dua Penghargaan di IGA 2023

Rabu, 13 Desember 2023 - 12:39 WIB
loading...
Kado Hari Jadi ke-58, Pemkab Tabalong Borong Dua Penghargaan di IGA 2023
Pemkab Tabalong Borong 2 Kategori di Innovative Government Award (IGA) 2023. (Foto: dok Pemkab Tabalong)
A A A
JAKARTA - Pemerintah Kabupaten Tabalong kembali dinobatkan sebagai salah satu Kabupaten Terinovatif se-Indonesia dalam gelaran Innovative Government Award (IGA) tahun 2023.

Penghargaan yang diterima langsung Bupati Tabalong, H Anang Syakhfiani dari Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia, HM Tito Karnavian di Kantor Kemendagri, pada Selasa (12/12/2023) tersebut menjadi yang ketiga kalinya dalam 3 tahun berturut-turut sejak tahun 2021 bagi Pemerintah Kabupaten Tabalong.

Berdasarkan hasil penjurian yang ketat dari 175 inovasi yang diikutsertakan Pemerintah Kabupaten Tabalong pada IGA 2023, inovasi Ojek Jual Ikan Dan Sayur Kawal Inflasi (Julak Wasi) dan Pelayanan Perijinan Tabalong Secara Online (Paliat Online) menjadi unggulan dan membawa Pemerintah Kabupaten Tabalong meraih menjadi salah satu Kabupaten Terinovatif di Indonesia.

Inovasi Julak Wasi merupakan sebuah terobosan besar yang dilakukan Pemerintah Kabupaten Tabalong dalam memudahkan jalur distribusi bahan pokok serta mampu mengendalikan inflasi Tabalong, yang pada bulan Oktober 2023 menjadi yang terendah kelima se-Indonesia diangka 2,49 persen.

Sedangkan inovasi Paliat Online merupakan terobosan dalam upaya meningkatkan pelayanan publik yang memberi kemudahan berusaha bagi investor di Kabupaten Tabalong, hal ini berdampak signifikan bagi nilai Investasi Tabalong yang pada tahun 2022 angka Penanaman Modal Dalam Negeri (PMDN) di Kabupaten Tabalong senilai 3,2 Triliun, menjadi yang tertinggi di Kalimantan Selatan.

Kado Hari Jadi ke-58, Pemkab Tabalong Borong Dua Penghargaan di IGA 2023

Menteri Dalam Negeri, HM Tito Karnavian dalam sambutannya mengharapkan Pemerintahan Daerah terus melakukan inovasi dalam rangka menciptakan pelayanan yang berkualitas dan tersistematis. Mendagri juga menambahkan bahwa pihaknya terus mendorong Pemerintah Daerah di Indonesia untuk terus membuat terobosan dan inovasi yang bermanfaat dan tepat guna.

"Urusan Pemerintahan itu selalu dinamis maka kita harus terus berkreasi dan berinovasi," ucap HM Tito Karnavian.

Hal senada juga diungkapkan Bupati Tabalong ditengah kompleksitas urusan pemerintahan, SKPD harus terus berinovasi agar kinerja dapat berjalan efektif dan efisien serta mencapai hasil yang maksimal.

"Bahkan tahun 2022 kemarin saya menekankan 1 Kegiatan 1 inovasi," tutur H Anang Syakhfiani.

Bupati Anang juga menambahkan sejak keikutsertaan Pemkab Tabalong dalam IGA, Inovasi sudah menjadi sebuah kebutuhan semua SKPD sehingga beliau meyakini bahwa Inovasi akan terus menjadi kewajiban yang dilakukan oleh SKPD di Lingkungan Pemkab Tabalong.

"Kalau ada SKPD yang tidak Inovatif akan ketinggalan",kata Bupati Anang.

Sebagai kado Hari Jadi Kabupaten Tabalong ke 58, Pemerintah Kabupaten Tabalong tidak hanya dinobatkan sebagai Kabupaten Terinovatif tapi juga mampu menjadi Daerah dengan Indeks Inovasi Tertinggi di wilayah Kalimantan-Sulawesi (Regional III) mengungguli Kabupaten/Kota besar di wilayah Kalimantan dan Sulawesi.
(bga)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1939 seconds (0.1#10.140)