Masa Paceklik, Produki Padi Petani Mamuju Justru Meningkat

Jum'at, 19 Januari 2018 - 18:16 WIB
Masa Paceklik, Produki Padi Petani Mamuju Justru Meningkat
Masa Paceklik, Produki Padi Petani Mamuju Justru Meningkat
A A A
MAMUJU - Sejumlah petani di Kabupaten Mamuju, Sulawesi Barat (Sulbar) sedang melakukan panen kendati saat ini masuk masa paceklik. Dengan menggunakan varietas padi unggulan, panen padi di Kecamatan Kalukku mengalami peningkatan dari 5 ton perhektare kini menjadi 7 ton perhektare.

Ketua Kelompok Tani (Poktan) Koalisi Usman mengatakan, varietas padi yang mereka gunakan adalah Ciliwung, Cigelis dan Mekongga dengan produktifitas sebesar 7 ton perhektare. "Panen kali ini meningkat pesat," katanya melalui rilis yang diterima SINDOnews, Jumat (19/1/2018).

Panen padi kali ini, lanjutnya, dilakukan bersama dengan BPTP Balitbangtan Sulbar, PPL, dan beberapa kelompok tani. Diakui Usman, dulu ketika panen padi di musim paceklik, produktifitas hanya berkisaran antara 4 sampai 5 ton perhektare.

Setelah dapat dukungan pemerintah dan Kementerian Pertanian, produktifitas meningkat pesat dan perkembangan tanaman menjadi lebih bagus.

Hingga kini Pendampingan teknologi dan terjun langsung ke lapangan pun masih dilakukan oleh BPTP Balitbangtan Sulawesi Barat dan tim UPSUS Sulawesi Barat.

Tak hanya itu tim juga terus meninjau lokasi panen yang ada di Provinsi Sulbar. Adanya kegiatan panen padi yang rutin dilakukan di provinsi Sulawesi Barat menunjukkan bahwa stok gabah/beras mencukupi.
(ysw)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.2055 seconds (0.1#10.140)