Pemkot Bandung Klaim Sampah yang Dibuang ke TPA Sarimukti Turun Jadi 900 Ton

Selasa, 12 Desember 2023 - 12:24 WIB
loading...
Pemkot Bandung Klaim Sampah yang Dibuang ke TPA Sarimukti Turun Jadi 900 Ton
Tumpukan sampah menggunung di salah satu TPS di Kota Bandung akibat tak diangkut selama beberapa hari. Foto/Dok.MPI
A A A
BANDUNG - Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung mengklaim sampah yang dibuang ke TPA Sarimukti dari Kota Bandung turun menjadi 900 ton per hari. Jumlah tersebut turun dari sebelumnya rata rata 1.600 ton per hari.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Bandung, Ema Sumarna mengatakan, dari total 1.600 ton sampah Kota Bandung, kini hanya sekitar 900 ton saja yang dibuang ke TPA. Pengurangan hingga sekitar 700 ton ini merupakan hasil dari upaya Pemkot Bandung dalam menyosialisasikan program Kang Pisman.

Secara rinci, Ema menyebut sekitar 300 ton sampah sudah selesai permanen dengan program ini. Selanjutnya, ada 104 ton sampah yang selesai di kawasan selama hasil monitoring.

Data terbaru menunjukkan sekitar 295 ton sampah dinyatakan sudah selesai dikelola. Meski begitu, Pemkot Bandung masih menelusuri jumlah 295 ton agar datanya dapat dipertanggungjawabkan.



"Hasil kami (proses sosialisasi selama darurat sampah) itu ada. Saat ini kami membuang sekitar 900 ton sampah ke TPA. Jumlah ini berkurang dari awalnya 1.600 ton," kata Ema.

Meski masih menyisakan sejumlah PR, Ema bersyukur karena proses sosialisasi dan upaya penerapan Kang Pisman secara masif ini membuahkan hasil. Ia berharap jumlah sampah Kota Bandung yang dibuang ke TPA terus dapat ditekan.

"Semoga tiap pekan hasilnya berkurang. Dari 800 ton, 1 ton, 1 kilogram, akhirnya bebas sampah. Kami optimis," katanya.

Di sisa masa darurat sampah, Pemkot Bandung juga rutin melakukan pemantauan. Per Senin 11 Desember 2023, Satgas Darurat Sampah telah meninjau 22 dari 30 Kecamatan se-Kota Bandung.

Dalam kapasitas sebagai Ketua Harian Satgas Darurat Sampah Kota Bandung, Ema terus berupaya menyatukan frekuensi masyarakat dalam mengelola sampah.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1125 seconds (0.1#10.140)