Terima Rekomendasi PDIP, Elin-Maman Langsung Daftar ke KPU

Rabu, 10 Januari 2018 - 22:01 WIB
Terima Rekomendasi PDIP, Elin-Maman Langsung Daftar ke KPU
Terima Rekomendasi PDIP, Elin-Maman Langsung Daftar ke KPU
A A A
BANDUNG BARAT - Surat rekomendasi DPP PDI Perjuangan (PDIP) untuk Pilkada Kabupaten Bandung Barat (KBB) 2018 akhirnya jatuh ke tangan pasangan Elin Suharliah dan Maman S Sunjaya. Surat tersebut baru muncul di hari terakhir pendaftaran ke KPU, Rabu (10/1/2018).

Rekomendasi tertanggal 9 Januari 2018 dan ditandatangani oleh Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri dan Sekjen Hasto Kristiyanto. Elin Suharliah yang merupakan istri Bupati KBB Abubakar, ditetapkan sebagai calon bupati sedangkan Maman S Sunjaya didapuk untuk posisi wakil bupati.

Pasangan yang didukung partai koalisi PDIP (12 kursi), PPP (5 kursi), dan PKB (4 kursi), ini datang ke KPU pukul 20.30 WIB. Mereka diantar oleh sekitar seribu pendukungnya yang berasal dari berbagai elemen, mulai dari partai politik, alim ulama, tokoh masyarakat, dan organisasi kepemudaan.

Elin mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung dirinya dan calon Wakil Bupati Maman S Sunjaya daftar ke KPU. Dirinya memiliki niat yang tulus untuk memajukan KBB dan melanjutkan kepemimpinan dari bupati sebelumnya. "Saya tidak memiliki beban dalam pencalonan ini karena didukung pengalaman dan program untuk memajukan KBB," tuturnya.

Sementara Maman menambahkan, secara secara kuantitatif ada 24 indikator program kerja yang akan bermuara kepada Bandung Barat Cermat. Termasuk bagaimana mengangkat wong cilik melalui program cermat. "Kami ingin mengembalikan roh kedaulatan bagi wong cilik karena kemiskinan di KBB masih 20% dan IPM di bawah rata-rata Jawa Barat," tandasnya.

Seperti diketahui terdapat enam calon yang ikut penjaringan bakal calon Bupati dan Wakil Bupati Bandung Barat ke PDIP. Mereka adalah Yayat T Soemitra, Aa Umbara Sutisna, Udis Supriatna, Pamriadi, Elin Suharliah Abubakar, dan Maman S Sunjaya.

Selama ini dari hasil survei yang dilakukan tim konsultan DPP PDIP, Elin Suharliah memiliki popularitas dan elektabilitas tertinggi. Istri Bupati Abubakar itu memiliki popularitas 82,1%, kemudian Aa Umbara Sutisna 63,91%, dan Yayat T Soemitra 54%. Kemudian untuk elektabilitas Elin memiliki nilai 38,4%, Aa Umbara Sutisna 24,6%, dan Yayat T Soemitra 10,3%.

Dengan mendaftarnya Elin-Maman maka Pilkada KBB resmi diikuti oleh empat pasangan. Mereka adalah pasangan independen Ikeu Dewi Sartika dan Uben Yunara Darsa Priatna. Kemudian Aa Umbara Sutisna-Hengky Kurniawan yang didukung Partai Demokrat, PAN, PKS, PKPI, dan NasDem, dan Doddy Imron Cholid-Pupu Sari Rohayati yang di dukung oleh Golkar, Hanura, dan Gerindra.
(wib)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 2.6006 seconds (0.1#10.140)