Jaga Lingkungan, Penanaman Pohon di Serang Banten Digencarkan

Sabtu, 09 Desember 2023 - 16:47 WIB
loading...
Jaga Lingkungan, Penanaman Pohon di Serang Banten Digencarkan
Aksi penanaman pohon untuk menjaga lingkungan hidup dilaksanakan di Kampoeng 165 Padarincang, Serang, Banten. Foto/Ist
A A A
SERANG - Aksi penanaman pohon untuk menjaga lingkungan hidup digencarkan di wilayah Serang, Banten. Upaya penghijauan ini dilaksanakan sekaligus untuk memperingati Hari Menanam Pohon Nasional.

Penananam pohon ini diharapkan dapat memberikan dampak yang sangat besar terhadap lingkungan hidup. Karena pohon memproduksi oksigen yang bermanfaat bagi semua mahluk hidup di muka bumi.



Di samping manfaat pohon yang menghasilkan oksigen, pohon juga dapat menyerap karbon dioksida serta gas-gas beracun lain. Karbon dioksida ini berperan besar dalam kerusakan lingkungan, seperti penipisan lapisan ozon yang berdampak pada meningkatnya panas bumi.

Oleh karena itu, menanam pohon menjadi langkah yang sangat penting untuk memperbaiki lingkungan dan menyelamatkan Bumi.

“Jadi kalau kita menanam pohon dan kemudian menghasilkan oksigen, lalu oksigen itu dihirup oleh jutaan orang maka itu artinya kita sudah menanam kebaikan. Untuk itu, kami ingin konsisten menjaga lingkungan dengan cara menanam pohon,” kata Direktur Utama PT Krakatau Sarana Properti (KSP), Iip Arief Budiman saat penanaman pohon di Kampoeng 165 Padarincang, Serang, Banten, dikutip Sabtu (9/12/2023).

Berdasarkan penelitian Universitas Indonesia (UI), satu pohon jika dikonversi ke rupiah rata-rata menghasilkan oksigen senilai Rp1.174.000 per hari. Hal ini menunjukkan bahwa pohon sangat berharga bagi makhluk hidup karena menyuplai banyak sekali oksigen setiap harinya.



Ada 100 pohon yang ditanam, yakni 50 batang pohon tangkil dan 50 batang pohon mangga.

Komisaris Utama KSP Embay Mulya Syarief mengungkapkan, penanaman pohon ini merupakan kolaborasi pihaknya dengan PT Krakatau Tirta Industri yang mengelola air bersih dari Sungai Cikalumpang.

“Kami bukan saja bergerak untuk menyelamatkan lingkungan dari perubahan iklim tapi juga menyediakan fasilitas air bersih kepada warga sekitar. Kami mempunyai tanggung jawab untuk membantu masyarakat sekitar memenuhi kebutuhan terhadap air bersih terutama pada saat masa kekeringan dibeberapa wilayah Cilegon, Serang dan sekitarnya,” jelas Embay.

Dalam kegiatan tersebut juga dibagikan paket paket sembako sebagai bentuk kepedulian kepada warga sekitar.
(shf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2050 seconds (0.1#10.140)