Mantan Sekjen SOKSI Riko Heryanto Gaungkan Cirebon Kota Metropolitan

Kamis, 07 Desember 2023 - 22:41 WIB
loading...
Mantan Sekjen SOKSI Riko Heryanto Gaungkan Cirebon Kota Metropolitan
Mantan Sekjen Depinas SOKSI periode 2017-2022, Riko Heryanto, mengritisi kebijakan kawasan metropolitan Rebana yang terkesan meninggalkan Kota Cirebon. Foto/Ist
A A A
CIREBON - Mantan Sekretaris Jenderal (Sekjen) Dewan Pimpinan Nasional (Depinas) Sentral Organisasi Karyawan Swadiri Indonesia (SOKSI) periode 2017-2022, Riko Heryanto, mengritisi kebijakan kawasan metropolitan Rebana yang terkesan meninggalkan Kota Cirebon.

Ada pun kawasan Rebana adalah sebuah program pembangunan kawasan metropolitan di 7 kota dan kabupaten di Jawa Barat.



Riko Heryanto berjanji kalau dirinya terpilih jadi anggota DPR RI maka akan mengoreksi program kawasan Rebana.

Dia ingin kebijakan Kawasan Rebana bisa menciptakan Kota Cirebon sebagai Kota Metropolitan Kawasan Rebana. Seperti halnya Kota Bandung di kawasan metropolitan Bandung Raya atau Kota Jakarta di kawasan metropolitan Jabodetabek.

Riko ingin melakukan perubahan atas kebijakan itu melalui koreksi lahan kawasan Industri yang menjadi motor penggerak kawasan Metropolitan Rebana.

"Padahalkan dari namanya Rebana. Singkatan awalnya saja dimulai dari kata Re yang merupakan kepanjangan dari kata Cirebon, mosok Cirebonnya ditinggal," kata Caleg) DPR RI dari Partai Golkar ini saat menggelar silaturahmi dan pembekalan kepada tim sukses (Timses) Dulur Ang Riko (DAR) di Kecamatan Gegesik, Kabupaten Cirebon, Rabu (6/12/2023) dan Kecamatan Gunung Jati, Kamis (7/12/2023).



Menurut Riko, sebenarnya kebijakan Kawasan Rebana bagus untuk mendorong pertumbuhan ekonomi daerah sekitar Cirebon.

Namun sayangnya, kata Riko, luas lahan kawasan peruntukan industri yang tidak menempatkan Kota Cirebon sebagai titik tengah secara alamiah akan membuat Kota Cirebon tidak akan menjadi Kota Metropolitan dari Kawasan Metropolitan Rebana. Untuk itulah perlu dilakukan perubahan kebijakan atas program Kawasan Rebana.

"Saya lahir di Karanganyar Jagasatru Cirebon, juga sekolah di SD, SMP, dan SMA di Cirebon dan Alumnus dari Fakultas Teknik Universitas Indonesia (UI). Motivasi saya maju ingin memberikan manfaat bagi daerah kelahiran saya, Cirebon," kata Riko.

Riko memaparkan visinya ingin memajukan Dapil Jabar VIII melalui industrialisasi dengan mempertimbangkan keseimbangan dengan lahan produktif pertanian. Karena industrialisasi akan mendorong pertumbuhan ekonomi secara optimal.

"Saya tidak bicara program periode per periode. Tapi harus satu periode program harus langsung jalan," pungkas Riko.
(shf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1869 seconds (0.1#10.140)