Pemkab Jayapura Siapkan Lebih dari 534 Ribu Masker

Selasa, 14 April 2020 - 17:36 WIB
loading...
Pemkab Jayapura Siapkan Lebih dari 534 Ribu Masker
Kadis Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kabupaten Jayapura menyerahkan masker kain secara simbolis kepada Bupati Mathius Awoitauw, Selasa (14/3/2020).
A A A
SENTANI - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jayapura melalui tim gugus tugas percepatan penanganan Covid 19 terus melakukan berbagai upaya untuk menekan penyebaran virus Covid-19 di wilayah Kabupaten Jayapura.

Salah satu upaya yang dilakukan oleh Pemkab Jayapura adalah menyiapkan masker kain sebanyak 534 ribu picis. Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kabupaten Jayapura selaku penanggung jawab produksi masker massal untuk masyarakat di Kabupaten Jayapura telah memulai produksi pembuatan masker kain tersebut dengan melibatkan ibu-ibu dan juga beberapa penjahit lokal.

"Ini juga bertujuan sebagai pemberdayaan ekonomi masyarakat, kita berdayakan ibu-ibu yang mempunyai keahlian menjahit dan juga melibatkan beberapa penjahit lokal," ungkap Miriam Soumilena kepada wartawan di sekretariat Pos Percepatan Penanganan Covid-19 di Kabupaten Jayapura, Selasa (14/4).

Produksi masker kain ini nantinya dibagikan ke masyarakat di 139 kampung dan 5 kelurahan yang ada di wilayah Kabupaten Jayapura dengan estimasi masing-masing keluarga mendapatkan dua sampai tiga lembar masker secara gratis. "Jumlah keseluruhan masker yang akan kami siapkan sebanyak 534 ribu pcs, dengan estimasi setiap warga itu akan mendapatkan dua sampai tiga masker di setiap kampung," katanya.

Dia menjelaskan, penyaluran masker akan diberikan secara bertahap di setiap kampung yang ada. Untuk tahap pertama ini masker yang sudah disalurkan ada 7000 picis masker yang akan diberikan kepada masyarakat yang menetap di sekitar jalan protokol Kota Sentani mulai dari batas kota sampai Kota Sentani dan sekitarnya.

Selanjutnya pada Kamis mendatang pihaknya juga akan membagikan sebanyak 16 ribu masker ke warga yang berdomisili di sekitar Distrik Waibu kearah Barat. Sementara untuk pembiayaan pembuatan masker ini berasal dari alokasi dana kampung yang mana setiap kampung menyisihkan masing-masing menyisihkan 10 juta rupiah diambol dari dana 100 juta rupiah untuk penanganan Covid 19 ditingkat kampung.
(ar)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1797 seconds (0.1#10.140)