Asal-usul dan Sejarah Kapal Pinisi, Warisan Nenek Moyang Menjelajah Nusantara

Kamis, 07 Desember 2023 - 22:21 WIB
loading...
Asal-usul dan Sejarah Kapal Pinisi, Warisan Nenek Moyang Menjelajah Nusantara
Kapal pinisi memiliki ciri khas berupa penggunaan 7-8 layar serta kehadiran 2 tiang utama di bagian depan dan belakang kapal. Foto/Kemenparekraf
A A A
JAKARTA - Kapal pinisi menjadi tema dari Google Doodle pada 7 Desember 2023. Kapal ini menghiasi laman utama Google.

Kapal pinisi merupakan ikon maritim Indonesia. Tidak hanya megah, kapal pinisi juga menyimpan sejarah dalam setiap ukiran dan garis desainnya.

Kapal pinisi merupakan warisan nenek moyang yang sudah menjadi bagian tak terpisahkan dari kehidupan pesisir di Indonesia. Jenis kapal ini tidak hanya sekadar sebagai alat transportasi laut.



Lalu, bagaimana sejarah dan Asal-usul kapal pinisi yang kerap digunakan nenek moyang bangsa Indonesia?

Asal-usul dan Sejarah Kapal Pinisi


Dirangkum dari berbagai sumber, kapal pinisi lahir dari legenda tradisi leluhur di Sulawesi Selatan. Kapal ini awalnya digunakan untuk perdagangan komersial.

Kapal pinisi diperkirakan sudah ada sejak abad ke-14, di mana akarnya berada di pesisir Sulawesi Selatan. Kini menjadi tradisi maritim canggih yang menggabungkan konstruksi lama Bugis-Makassar dengan inspirasi dari kapal Eropa dan Amerika awal abad ke-19.



Pada masa lalu, kapal kayu pinisi Indonesia mengangkut rempah-rempah, cendana, dan tekstil eksotis melalui rute perdagangan kuno. Kapal ini awalnya digunakan sebagai alat transportasi dagang oleh para pedagang Bugis yang menjelajahi jalur perdagangan laut antara berbagai pulau di Nusantara.

Proses pembuatan kapal pinisi memakan waktu bertahun-tahun dan dipandu ritual secara metodis di pantai Sulawesi. Orang-orang dari Suku Bugis-Makassar terkenal sebagai navigator laut yang sangat terampil sehingga mampu menjelajahi Nusantara, Asia Tenggara, Australia, bahkan hingga ke Afrika.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1484 seconds (0.1#10.140)