Misteri dan Legenda Gunung Merapi yang Beredar di Masyarakat

Kamis, 07 Desember 2023 - 22:01 WIB
loading...
Misteri dan Legenda Gunung Merapi yang Beredar di Masyarakat
Gunung Merapi masih menyimpan banyak misteri dan legenda yang dipercayai oleh penduduk sekitar. Foto/Dok.
A A A
JAKARTA - Gunung Merapi merupakan salah satu gunung berapi aktif yang paling terkenal di Indonesia, terutama di Tanah Jawa. Gunung ini menyimpan berbagai misteri dan legenda yang dipercayai oleh penduduk sekitar.

Bahkan beberapa misteri sering kali dikaitkan dengan aktivitas gunung yang kerap menyemburkan asap dan material panas. Banyaknya mitos dan legenda Gunung Merapi yang beredar masih dipercaya sebagian masyarakat.

Misteri Gunung Merapi

1. Dihuni Makhluk Halus


Salah satu mitos yang berkembang di masyarakat adalah adanya makhluk halus yang tinggal di sekitar Kebun Raya Kaliurang. Disebutkan jika banyak pengunjung kebun raya yang mendengar banyak suara-suara tak bertuah.



Bahkan, beberapa orang sempat mengaku melihat makhluk halus seperti genderuwo dan lain sebagainya. Meski begitu, ini hanya klaim masyarakat dan tidak dapat dibuktikan secara ilmiah.

2. Mitos Naga Hidup


Selain makhluk halus, terdapat pula mitos yang menyebutkan jika di dalam Gunung Merapi terdapat seekor naga yang memiliki kekuatan mistis. Naga inilah yang bertanggung jawab atas bencana gunung meletus di Merapi.

3. Tempat Bertapa


Banyak juga orang yang percaya bahwa di Gunung Merapi memiliki energi mistis yang kuat. Hal ini yang membuat orang datang untuk bertapa demi mendapat wangsit.

4. Makam Mbah Maridjan


Hal mistis yang cukup populer belakangan adalah tentang gaibnya makam mbah Maridjan. Banyak orang percaya bahwa mantan juru kunci Gunung Merapi itu telah menjadi bagian dari kekuatan mistis Gunung Merapi.

5. Ratu Kidul dan Gunung Merapi


Terdapat kepercayaan bahwa Gunung Merapi adalah tempat bertemunya Ratu Kidul dengan Sang Hyang Ratu Jagad, dewa yang menguasai Gunung Merapi. Dalam mitos ini menyebutkan jika letusan Gunung Merapi adalah pertanda adanya perjanjian atau pertemuan antara Ratu Kidul dan dewa tersebut.

Legenda Gunung Merapi


Satu legenda yang cukup mahsyur tentang Gunung Merapi adalah terbentuknya gunung tersebut dari pertempuran Empu Sakti melawan para dewa.



Menurut legenda, Batara Narada dan Dewa Penyarikan datang menyelidiki keberadaan Gunung Jamurdipa. Utusan kayangan itu mengamati dari atas langit karena gunung itu yang membuat Pulau Jawa menjadi miring.

Setelah itu, Batara Narada dan Dewa Panyarikan lantas berencana untuk memindahkan Gunung Jamurdipa ke tengah, tepatnya di hutan tempat kedua empu pembuat keris. Pemindahan ini untuk mencegah agar Pulau Jawa tidak tenggelam.

Mendengar usulan ini, Batara Guru memerintahkan Batara Narada dan Dewa Panyarikan untuk datang ke daerah utara dan berdiskusi dengan kedua empu tersebut.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2044 seconds (0.1#10.140)