Legenda Gunung Merapi, Kutukan Mpu Sakti dan Lenyapnya Mataram Kuno

Sabtu, 06 Mei 2023 - 05:00 WIB
loading...
Legenda Gunung Merapi, Kutukan Mpu Sakti dan Lenyapnya Mataram Kuno
Penampakan Gunung Merapi di wiayah Sleman, Jogjakarta.Foto/ist
A A A
Gunung Merapi terletak di bagian tengah Pulau Jawa. Gunung ini merupakan salah satu gunung api teraktif di Indonesia. Lereng sisi selatan berada dalam administrasi Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Sementara sisanya berada dalam wilayah Jawa Tengah, yaitu Kabupaten Magelang di sisi barat, Kabupaten Boyolali di sisi utara dan timur, serta Kabupaten Klaten di sisi tenggara.

Kawasan hutan di sekitar puncaknya menjadi kawasan Taman Nasional Gunung Merapi sejak 2004.

Gunung Merapi memiliki potensi kebencanaan yang tinggi karena menurut catatan modern, Gunung Merapi telah mengalami erupsi setiap dua sampai lima tahun sekali dan dikelilingi oleh permukiman yang padat.

Baca juga: Kisah Pelarian Pembesar Mataram Syekh Pandan Jati Akibat Dituduh Korupsi Berujung Jadi Wali di Pemalang

Sejak tahun 1548, gunung ini sudah meletus sebanyak 68 kali.[butuh rujukan] Kota Magelang dan Kota Yogyakarta adalah kota besar terdekat, berjarak kurang dari 30 km dari puncaknya.

Di lerengnya masih terdapat permukiman sampai ketinggian 1.700 meter dan hanya berjarak empat kilometer dari puncak. Oleh karena tingkat kepentingannya ini, Merapi menjadi salah satu dari enam belas gunung api dunia.

Legenda Merapi
Ada kisah legenda, juga ada kisah yang bersifat mistis. Gunung Merapi salah satu yang memiliki banyak cerita mistis. Gunung yang tinggi menjulang mencapai 2.968 mdpl itu berada di bagian tengah Pulau Jawa. Gunung Merapi salah satu gunung berapi yang teraktif di Indonesia.

Terletak di perbatasan Jawa Tengah dan Yogyakarta, secara administratif lereng sisi selatan berada dalam administrasi Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Sisanya berada dalam wilayah Provinsi Jawa Tengah, yaitu Kabupaten Magelang di sisi barat, Kabupaten Boyolali di sisi utara dan timur, serta Kabupaten Klaten di sisi tenggara.

Sejak tahun 2004, kawasan hutan di sekitar puncaknya menjadi kawasan Taman Nasional Gunung Merapi. Mengenai letaknya yang berada di tengah Pulau Jawa, ternyata ada ceritanya, yang konon punya kaitansangat erat dengan laut selatan Jawa.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3202 seconds (0.1#10.140)