2 Pusaka Sunan Kalijaga yang Mampu Atasi Wabah, Salah Satunya Pernah Mengalahkan Nyi Roro Kidul

Kamis, 07 Desember 2023 - 12:27 WIB
loading...
2 Pusaka Sunan Kalijaga yang Mampu Atasi Wabah, Salah Satunya Pernah Mengalahkan Nyi Roro Kidul
Terdapat dua pusaka Sunan Kalijaga yang mampu mengatasi wabah. Foto/Ilustrasi/Ist
A A A
JAKARTA - Terdapat pusaka Sunan Kalijaga yang telah diberi anugerah oleh Allah SWT sehingga mampu mengatasi wabah. Hal tersebut membuat Sunan Kalijaga dikenal sebagai salah satu Walisongo yang mempunyai ilmu kanuragan dan ilmu kebatinan tinggi.

Pusaka yang dimaksud adalah Rompi Ontokusumo dan Keris Kyai Carubuk. Kedua pusaka tersebut hingga sekarang ini masih disimpan dan dijaga oleh anak cucu beserta keturunannya.

Bahkan setiap hari raya Idul Adha atau tanggal 10 Dzulhijjah, kedua pusaka tersebut dimandikan atau dijamas (Jamasan). Hal itu dilakukan sesuai dengan wasiat dan perintah dari Kanjeng Sunan Kalijaga.

Dalam ritual pun para anggota yang menjamas tidak boleh melihat pusaka tersebut dengan mata terbuka. Mereka hanya diperbolehkan merendam tangannya ke dalam bokor minyak jamas.



Syarat tersebut dilakukan agar bisa menjaga pusaka dan kesaktiannya dalam mencegah wabah penyakit. Adapun kekuatan dari kedua masing-masing pusaka tersebut adalah sebagai berikut.

Pusaka Sunan Kalijaga yang Bisa Atasi Wabah Penyakit


1. Rompi Ontokusumo


Rompi Ontokusumo adalah sebuah pusaka yang diyakini memiliki kekuatan luar biasa. Menurut beberapa sumber, rompi ini dibuat dari kulit kambing yang dirajah dengan ayat-ayat Al-Qur’an oleh Sunan Bonang, salah satu anggota Walisongo.

Rompi ini kemudian diberikan kepada Sunan Kalijaga, yang menggunakannya untuk melawan Nyi Roro Kidul, penguasa Pantai Selatan. Pagebluk yang ditimbulkan oleh kejahatan Ratu Pantai Selatan itu bisa merenggut jiwa siapa saja.



Dalam ceritanya, Sunan Kalijaga sebelumnya merasa iba dengan penyakit yang diderita masyarakat di Jawa. Kanjeng sunan pun bertarung melawan kekejaman Nyi Roro Kidul, namun mengalami kekalahan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1762 seconds (0.1#10.140)