Dikenal Sakti dan Lihai Padukan Budaya Jawa saat Syiar Islam, dari Mana Asal Sunan Kalijaga

Jum'at, 08 September 2023 - 16:19 WIB
loading...
Dikenal Sakti dan Lihai Padukan Budaya Jawa saat Syiar Islam, dari Mana Asal Sunan Kalijaga
Sunan Kalijaga. Foto/Ilustrasi/Ist.
A A A
Dikenal memiliki kesaktian dan mampu memadukan budaya Jawa saat melakukan syiar Islam, Sunan Kalijaga menjadi salah satu anggota Wali Songo yang sangat kharismatik. Di kalangan umat Islam di Jawa, Sunan Kalijaga dikenal begitu njawani (sangat Jawa).



Penampilan Sunan Kalijaga berbeda dengan Wali Songo lainnya, yang identik dengan atribut sorban dan jubah. Sunan Kalijaga disebut lebih menyukai baju lurik sebagai pakaian, sarung motif batik, serta blangkon yang merupakan busana khas masyarakat Jawa kebanyakan.



Lantas siapa Sunan Kalijaga sesungguhnya? Sunan Kalijaga merupakan putra Tumenggung Wilatikta, Bupati Tuban, Jawa Timur. Sebelum ditahbiskan sebagai Wali Songo dengan nama Sunan Kalijaga oleh Sunan Bonang, ia diketahui bernama Raden Sahid.



Sunan Kalijaga juga populer dengan sejumlah nama lain, yakni di antaranya Syekh Malaya, Brandal Lokajaya, Raden Abdurrahman, Pangeran Tuban, dan Ki Dalang Sida Brangti. Kakek Sunan Kalijaga adalah Arya Teja, Adipati atau Bupati Tuban.

Babad Tuban menyebut, kakek Sunan Kalijaga yang bernama Arya Teja memiliki nama asli Abdurrahman, yakni seorang keturunan Arab. Keterangan Babad Tuban soal kakek Sunan Kalijaga keturunan Arab, dikuatkan oleh peneliti Belanda C.L.N Van Den Berg.

Silsilah Sunan Kalijaga disebutkan dalam catatan Le Hadhramaut et les Colonies Arabes dans I'Archipel Indien (1886). "Menyatakan bahwa Sunan Kalijaga adalah keturunan Arab," demikian dikutip dari buku Atlas Wali Songo (2016).

Keterangan Sunan Kalijaga berdarah Arab, juga dipertebal oleh keterangan peneliti asing HJ.De Graaf yang membenarkan Babad Tuban, dan pandangan Van Den Berg bahwa Arya Teja atau Abdurrahman adalah orang Arab yang memiliki silsilah hingga Abbas bin Abdul Muthalib, paman Nabi Muhammad SAW.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.6102 seconds (0.1#10.140)