Selundupkan BBM, Mobil Pikap Bermuatan Pertalite Hangus Terbakar di Kolaka Timur

Kamis, 07 Desember 2023 - 08:27 WIB
loading...
Selundupkan BBM, Mobil Pikap Bermuatan Pertalite Hangus Terbakar di Kolaka Timur
Mobil pikap bermuatan 80 jerigen pertalite hangus terbakar di Jalan Poros Rate - Ladongi, Kabupaten Kolaka Timur, Sulawesi Tenggara. Foto/MPI/Muh Rusli
A A A
KOLAKA TIMUR - Sebuah mobil pikap bermuatan 80 jerigen pertalite hangus terbakar saat melintas di Jalan Poros Rate - Ladongi, Kelurahan Tababu, Kecamatan Tirawuta, Kabupaten Kolaka Timur, Sulawesi Tenggara, Rabu (6/12) malam.

”Mobil mengangkut 80 jerigen Bahan Bakar Minyak (BBM) jenis pertalite yang akan diselundupkan ke Sulawesi Tengah,” kata Kasubsi Humas Polres Kolaka Timur Aipda Pendi Palintin, Kamis (7/12/2023).



Kendaraan DT 8492 AB itu terbakar sekitar pukul 21.00 WITA dengan tujuan ke Desa Labota, Kecamatan Bungku, Kabupaten Morowali. Mobil itu disopiri Idrus (33), warga Desa Lakito, Kecamatan Toari, Kolaka dan ditemani wanita Wiwi Kristiani (28).

Dikatakan, 80 jergen pertalite yang mereka angkut menuju Morowali dipasok dari Kecamatan Toari, Kolaka. Bak kendaraan terisi penuh dan ditutupi terpal agar tidak nampak secara langsung.

Sebelum terbakar, kendaraan alami kerusakan saat perjalanan dari Kolaka menuju Koltim.



Akan tetapi, Idrus tetap memaksakannya hingga dirasakan melaju tidak stabil. Merasakan oleng, Idrus lantas menghentikan laju mobilnya dan turun mengecek. Benar saja, ia menyaksikan asap mengepul dari kolong kendaraan yang diikuti percikan api.

”Menjalar naik ke bak dan membakar jerigen BBM. Ia langsung meminta bantuan warga sekitar dan berusaha menyiram pakai air,” bebernya.

Bukannya padam, api semakin membesar hingga merambah ke seluruh bodi kendaraan. Tumpahan BBM dari bak mobil juga meluber ke sisi kanan-kiri jalan.Tidak hanya itu, kobaran yang kian membesar mengakibatkan listrik padam lantaran kabel jaringan PLN tersulut api.



Satu unit mobil pemadam kebakaran Pemkab Koltim diterjunkan ke lokasi usai dihubungi Idrus.“Kendaraan berhasil dipadamkan pada pukul 22.00 WITA. Idrus langsung diamankan untuk pemeriksaan lebih lanjut,” ucapnya.

Tidak ada korban jiwa dalam insiden tersebut dengan nilai kerugian ditaksir ratusan juta rupiah. Dugaan polisi, kebakaran dipicu adanya arus pendek listrik kendaraan. Kini kasus ini masih di selidiki Polres Kolaka Timur.
(ams)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2170 seconds (0.1#10.140)