Belajar dari Sekolah Alam, Bupati Kudus Kembangkan Ekonomi Pertanian

Kamis, 28 Desember 2017 - 07:30 WIB
Belajar dari Sekolah Alam, Bupati Kudus Kembangkan Ekonomi Pertanian
Belajar dari Sekolah Alam, Bupati Kudus Kembangkan Ekonomi Pertanian
A A A
SALATIGA - Tiada hari tanpa inovasi. Itulah tagline yang diusung Bupati Kudus Musthofa dalam bekerja untuk masyarakat. Kali ini, bupati dua periode itu menggandeng Qaryah Thayyibah Salatiga milik Ahmad Bahruddin.

Musthofa berkunjung untuk ngangsu kaweruh dan mengadopsi konsep sekolah alam Qaryah Thayyibah demi penguatan ekonomi rakyat yang beralamat di Kalibening, Salatiga, Rabu 27 Desember 2017. Musthofa disambut hangat dan akrab oleh Kang Din, sapaan Bahruddin bersama staf lembaga pendidikannya.

Qaryah Thayyibah merupakan sekolah alternatif/alam yang kini juga ada serikat paguyuban petani. Di Qaryah, Kang Din ingin mendekatkan anak dengan alam, desa dan lebih peduli lingkungan.

Sekolah ini juga mengangkat ekonomi rakyat melalui pertanian dan konsep alam. Ini yang membuat Musthofa ingin mengembangkan sektor ekonomi rakyat melalui pertanian.

Ini mengingat potensi pertanian di Kudus yang begitu besar. "Saya akan segera kerja sama dengan Kang Din untuk memberdayakan pertanian dengan konsepnya," kata Musthofa di Qaryah Thayyibah Salatiga, Rabu 27 Desember 2017.

Musthofa mengatakan, segala sesuatu harus diserahkan pada ahlinya jika ingin menuai hasil secara optimal. Menurutnya, Kang Din merupakan sosok tepat yang segera didatangkan ke Kudus.

"Lha, kalau saya sederhana saja. Serahkan saja sama yang paham. Yang terpenting ini ikhtiar saya demi masyarakat," imbuh Musthofa yang juga menyosialisasikan tentang ikhtiarnya maju dalam Pilgub Jateng tahun depan.

Kang Din menyambut positif kehadiran dan niat Musthofa tersebut. Dia menilai kunjungan Musthofa ini sebagai sebuah niat positif bagi pengembangan ekonomi rakyat, khususnya pertanian.

"Bagus sekali yang disampaikan Pak Musthofa ini. Tentu ini bagus untuk pemberdayaan ekonomi masyarakat. Ini karena mayoritas masyarakat desa adalah petani," kata Kang Din.

Menurutnya, kapasitas Musthofa sebagai bupati yang berikhtiar meningkatkan ekonomi masyarakat Kudus sangat layak dicontoh. "Kalau di Kudus berhasil dan Pak Musthofa bisa memimpin wilayah yang lebih luas, tentu ini juga akan dikembangkannya," ujarnya.
(poe)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4382 seconds (0.1#10.140)