Generasi Muda di Yogyakarta Diajak Lebih Peduli soal Perubahan Iklim

Minggu, 03 Desember 2023 - 21:11 WIB
loading...
Generasi Muda di Yogyakarta Diajak Lebih Peduli soal Perubahan Iklim
Diskusi bertema Kolaborasi Swasta, Perguruan Tinggi, Organisasi Masyarakat dalam Menghadapi Perubahan Iklim yang diselenggarakan oleh IMM DIY di Yogyakarta. Foto/Ist
A A A
YOGYAKARTA - Generasi muda di Yogyakarta diajak lebih peduli dalam soal perubahan iklim yang mengakibatkan peningkatan suhu dan cuaca ekstrem yang belakangan ini terjadi hampir di seluruh belahan dunia.

Perubahan iklim jika dibiarkan akan menimbulkan dampak yang sangat fatal bagi kelangsungan hidup makhluk hidup di bumi. Di antaranya menurunnya kualitas air bersih, berkurangnya oksigen, meningkatnya potensi penyebaran penyakit akibat virus dan bakteri hingga memicu terjadinya bencana alam.



Oleh karena itu, diperlukan kerjasama semua pihak guna mengatasi masalah lingkungan, mulai dari perguruan tinggi, organisasi masyarakat dan pelaku usaha, masyarakat serta generasi muda.

Hal ini mengemuka dalam diskusi bertema Kolaborasi Swasta, Perguruan Tinggi, Organisasi Masyarakat dalam Menghadapi Perubahan Iklim yang diselenggarakan oleh Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) DIY.

Wakil Ketua Majelis Lingkungan Hidup Pimpinan Pusat Muhammadiyah Prof Muhammad Nurcholis menegaskan, Muhammadiyah sebagai sebuah gerakan dan organisasi memiliki perhatian penuh terhadap perubahan iklim.

“Bagaimana iklim kita saat ini tidak hanya mempengaruhi flora dan fauna, tapi juga menentukan kesehatan manusia. Karena itu diperlukan aksi nyata untuk menjaga iklim dengan menekan emisi karbon. Kita harus bersama-sama melakukan kolaborasi tersebut dan lantas kebijakan pemerintah, yaitu bagaimana untuk meningkatkan ketahanan iklim ini,” tegas Nurcholis yang merupakan Guru Besar Ilmu Tanah UPN Veteran Yogyakarta ini dikutip Minggu (3/12/2023).



Lebih lanjut Nurcholis menjelaskan Muhammadiyah memiliki komitmen kuat dalam merespons dan mengkaji masalah lingkungan, termasuk yang saat ini sedang ramai seperti perubahan iklim. Muhammadiyah telah membuat konsep dasar untuk memitigasi laju perubahan iklim agar bisa dikendalikan.

Nurcholis juga mengajak generasi muda berperan aktif dalam mengatasi perubahan iklim ini. Generasi muda harus memahami secara praktis penyebab dari perubahan iklim.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.7086 seconds (0.1#10.140)