Cerita Siman dan Besowo, Desa Suci di Kediri yang Dijaga Harimau Siluman

Sabtu, 02 Desember 2023 - 09:27 WIB
loading...
Cerita Siman dan Besowo, Desa Suci di Kediri yang Dijaga Harimau Siluman
Desa Suci Siman dan Besowo di Kediri dijaga harimau siluman. Foto/Ilustrasi
A A A
KEDIRI - Pada masa Dewi Kilisuci memilih menjadi pertapa di Gua Selomangleng daripada menggantikan tahta Raja Airlangga, terdapat dua desa di wilayah Kediri, Jawa Timur yang terkenal aman dan tentram.

Dua desa itu adalah Desa Siman dan Desa Besowo, yakni saat ini berada di wilayah Kepung Kabupaten Kediri.

Siman dan Besowo merupakan desa yang bersih dari kejahatan manusia. Senantiasa terhindar dari praktik molimo (mabok, madon, madat, maling dan main) dan semua tindak kejahatan lainnya.



Semua itu berawal dari adanya larangan praktik kejahatan dari dua orang pandhita perjaka kakak adik yang tersohor kesaktiannya. Barang siapa yang berani berbuat jahat di Desa Siman dan Desa Besowo maka akan diterkam harimau peliharaan sang pandhita.

“Jika ada orang yang melanggar larangan tersebut, seketika dia akan mati karena dimangsa harimau,” demikian dikutip dari buku Kisah Brang Wetan Berdasarkan Babad Alit dan Babade Nagara Patjitan (2021).

Nyaris seluruh warga desa Siman dan Besowo menaati larangan itu. Mereka percaya akan tertimpa celaka jika berani melanggar. Sebab setiap kali ada perselingkuhan atau pencurian, tidak sampai tiga hari pelaku ditemukan mati diterkam harimau.

Desa Siman dan Desa Besowo secara topografis berada tidak jauh dari kawasan sungai atau kali Serinjing. Sebuah punden kuno ditemukan di Dusun Bogorpradah Desa Siman.



Punden yang berada di bawah pohon pule itu diyakini dulunya permukiman kuno di mana di sekitarnya banyak ditemukan artefak.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2112 seconds (0.1#10.140)