Meriah, Peringatan Hari Juang Kartika di Purwokerto

Jum'at, 15 Desember 2017 - 18:56 WIB
Meriah, Peringatan Hari Juang Kartika di Purwokerto
Meriah, Peringatan Hari Juang Kartika di Purwokerto
A A A
PURWOKERTO - Gelaran sosiadrama perjuangan TNI dan rakyat dalam mempertahankan kemerdekaan meramaikan peringatan Hari Juang Kartika (HJK) TNI AD 2017, wilayah Kodam IV Diponegoro di Alun-alun Banyumas, Purwokerto, Jawa Tengah, Jumat (15/12/2017). Menurut Pangdam IV/Diponegoro Mayjen TNI Wuryanto, Hari Juang Kartika Ke-72 yang tahun ini dipusatkan di Purwokerto sebagai apresiasi dan wujud rasa terimakasih kepada rakyat.

Ucapan terimakasih tersebut dilakukan dengan memberikan berbagai bantuan kepada warga Banyumas, diantaranya pemberiaan 1.000 paket sembako bagi warga tidak mampu, sunatan masal yang diikuti 200 anak, pemeriksaan kesehatan, pemasangan kontrasepsi KB gratis, pemberinaan santunan kepada pensiunan TNI dan lainya.

Tak hanya itu, Kodam IV/Diponegoro juga memberikan jajanan gratis dengan memborong seratus gerobak pedagang makanan kepada ribuan warga Banyumas yang hadir di Alun – alun Banyumas.

“Hari ini saya selaku pimpinan Kodam IV Diponegoro, melaksanakan Hari Juang Kartika 2017 di Purwokerto. Ini sebagai wujud, terimakasih Kodam dan Korem 071/Wijayakusuma. Atas dukungan dan kerjasama masyarakat Banyumas, Kodam IV dan Korem 071/Wijayakusuma menjadi selalu terbaik,” ungkap Mayjen TNI Wuryanto, Jumat (15/12/2017).

Selain gelaran sosiadrama, warga Banyumas juga sangat antusias menaiki kendaraan tempur berkeliling kota Purwokerto.

Sebelumnya, serangkaian kegiatan Hari Juang Kartika tingkat Kodam IV Diponegoro juga dilakukanan penanaman pohon, ziarah ke taman makam pahlawan dan lain sebagainya.

Kapendam IV/Diponegoro Kolonel Inf Sapta Marwindu Ibraly menjelaskan, Hari Juang Kartika merupakan momentum sejarah perjuangan bangsa yang sangat bersejarah bagi TNI AD dimana pada Tahun 1945 pada bulan Desember terjadi agresi Belanda di wilayah Semarang dan sekitarnya.

"Momentumnya sebagai dasar menanamkan nilai-nilai kejuangan yang dimiliki para pendahulu bangsa dalam mempertahankan kemerdekaan Indonesia bagi prajurit TNI AD. Para pendahulu bangsa, para pejuang bangsa, berjuang tanpa pamrih," ujar Sapta.

Menurutnya, momentum kegiatan peringatan HJK 2017 ini tidak hanya diperuntukkan bagi para prajurit TNI AD saja, namun juga untuk masyarakat termasuk adik-adik sekalian.

"Kegiatan ini untuk Manunggal bersama rakyat, dengan manunggalnya rakyat dan TNI AD, maka TNI AD kuat. Yang intinya, menjaga dan memperkokoh persatuan dan kesatuan kita sebagai bangsa Indonesia," jelasnya.
(sms)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5999 seconds (0.1#10.140)