Bupati Anas Resmikan Pos Antar Obat Gratis ke Warga Miskin lewat Ojek Online

Jum'at, 15 Desember 2017 - 16:05 WIB
Bupati Anas Resmikan Pos Antar Obat Gratis ke Warga Miskin lewat Ojek Online
Bupati Anas Resmikan Pos Antar Obat Gratis ke Warga Miskin lewat Ojek Online
A A A
BANYUWANGI - Pemkab Banyuwangi dan perusahaan pengembang platform digital Gojek meresmikan shelter alias pos pengiriman obat secara gratis ke warga miskin di RSUD Blambangan, Jumat (15/12/2017). Pengiriman obat ini masuk program “Gancang Aron” yang dalam bahasa setempat berarti “Lekas Sembuh”.

“Jadi inovasi sosial yang dipandu teknologi informasi ini berangkat dari masalah. Sebelumnya, pasien harus mengantre untuk mendapatkan obat. Kan kasihan, sudah sakit, masih harus antre. Nah dengan program ini, pasien langsung pulang, obatnya diantar driver Gojek yang telah dilatih khusus untuk pengiriman obat yang aman,” ujar Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas dalam pernyataan tertulis yang dikirimkan ke SINDOnews, Jumat (15/12/2017).

“Kami berkoordinasi dengan teman-teman apoteker dan Kementerian Kesehatan untuk program ini,” imbuh Anas.

Menurut Anas, kolaborasi menjadi hal wajib yang harus dilakukan pemerintah untuk mempercepat penyelesaian masalah di masyarakat. Selama ini, pemerintah jalan sendiri, swasta juga jalan sendiri. Padahal, jika keduanya berkolaborasi, solusi untuk memudahkan warga bisa semakin cepat dihadirkan.

“Ini adalah wujud pemerintahan kolaboratif. Pemerintah merangkul inovasi sosial di masyarakat untuk memudahkan warga. Sudah tidak zamannya jalan sendiri-sendiri. Zaman now harus kolaborasi,” ujar Anas.

CEO Gojek Nadiem Makarim berharap, kolaborasi dengan Banyuwangi bisa meningkatkan kualitas pelayanan publik. Secara khusus Nadiem mengapresiasi Pemkab Banyuwangi yang terbuka pada inovasi dan kolaborasi.

“Kami sangat antusias karena Pemkab Banyuwangi dapat melihat bagaimana teknologi bisa mendorong pelayanan publik yang sudah baik, menjadi jauh lebih baik dan menyentuh jauh lebih banyak lapisan masyarakat. Kami berharap program ini bisa memberikan inspirasi bagi banyak pihak, termasuk perusahaan-perusahaan teknologi lainnya, agar bisa semakin berpartisipasi mendukung program pemerintah di berbagai sektor,” imbuh Nadiem.

Kolaborasi Pemkab Banyuwangi dan Gojek juga diwujudkan untuk mendukung UMKM kuliner lokal guna memperluas pemasaran produk. Lewat program Pesta Kuliner GO-FOOD yang digelar 15-17 Desember, masyarakat dan wisatawan bisa mengenal beragam kuliner khas Banyuwangi yang bisa dipesan melalui aplikasi, mulai dari rujak soto, nasi tempong, hingga pecel rawon.

Pesta kuliner itu menghadirkan selebritis Daniel Mananta, serta diisi beragam kelas peningkatan kapasitas UMKM kuliner seperti strategi pemasaran dan food photography.

“Saya berharap, mbok-mbok penjual kuliner kaya rasa yang resep masakannya sudah diwariskan dari generasi ke generasi di sudut-sudut kampung, mereka yang tak punya biaya untuk buka ruko di pinggir jalan, bisa tambah laris dengan pemesanan lewat aplikasi ini. Wisatawan bisa menunggu di hotel, makanan pun diantarkan,” tandas Anas.
(sms)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5726 seconds (0.1#10.140)