Akun WA Kajari Lampung Utara Kena Hack APK, Polisi Turun Tangan

Jum'at, 01 Desember 2023 - 12:44 WIB
loading...
Akun WA Kajari Lampung Utara Kena Hack APK, Polisi Turun Tangan
Akun WhatsApp (WA) Kepala Kejaksaan Negeri Lampung Utara, Mohamad Farid Rumdhana terkena hack. Foto/Istimewa
A A A
LAMPUNG UTARA - Akun WhatsApp (WA) Kepala Kejaksaan Negeri Lampung Utara Mohamad Farid Rumdhana, terkena hack setelah membuka pesan undangan berbentuk APK di ponsel miliknya. Hal itu disampaikan via akun Instagram @kejarilampura.

Kepala Seksi Intelijen Kejaksaan Negeri Lampung Utara Untoro Janjang Saptodie membenarkan hal itu. Peristiwa itu terjadi pada Jumat 24 November 2023. Ketika itu Kajari membuka salah satu pesan di aplikasi WhatsApp (WA) dengan kode APK.

”Selain data pribadi yang ada di aplikasi WhatsApp Pak Kajari yang hilang, juga ikut hilang galeri foto-foto. Bahkan aplikasi WhatsAppnya pun tak bisa diakses,” kata Guntoro kepada wartawan, Jumat (1/12/2023).



Pihaknya sudah melaporkan soal itu ke Polres Lampung Utara. Kemudian memberitahukan melalui akun media sosial milik Kejaksaan Negeri Lampung Utara melalui akun Instagram dan melapor kepada unsur pimpinan di korps Adhyaksa.

Guntoro melanjutkan,upaya itu dilakukan untuk mengantisipasi jika aplikasi WhatsApp atas nama Kepala Kejaksaan Negeri Lampung Utara itu dipergunakan pelaku yang mengakibatkan kerugian baik atas nama pribadi maupun institusi.



Kasat Reskrim Polres Lampung Utara Iptu Stefanus Reinaldo Boyoh membenarkan jika pihak Kejari sudah melapor ke Polres Lampung Utara. ”Kita sudah terima laporan dan kita tindaklanjuti. Untuk pelaku masih dalam pengejaran,” katanya.

Modus yang dilakukan komplotan ini yakni menggunakan software untuk crack data degan cara mengirim link download APK melalui sosial media.Setelah APK tersebut tidak sengaja terdownload, pelaku dapat mengakses data pribadi dari jarak jauh.
(ams)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1103 seconds (0.1#10.140)