Angkasa Pura I Gelar Latihan PKD di Bandara Internasional Sultan Hasanuddin

Kamis, 30 November 2023 - 21:00 WIB
loading...
Angkasa Pura I Gelar Latihan PKD di Bandara Internasional Sultan Hasanuddin
PT Angkasa Pura I gelar Latihan Penanggulangan Keadaan Darurat (PKD) berskala penuh di Bandara Internasional Sultan Hasanuddin. (Foto: dok AP1)
A A A
MAKASSAR - PT Angkasa Pura I (AP1) menggelar Latihan Penanggulangan Keadaan Darurat (PKD) Dirgantara Raharja ke-113 di Bandara Internasional Sultan Hasanuddin. Latihan PKD berskala penuh yang dilaksanakan pada Kamis (30/11/2023) tersebut bertujuan untuk menguji kemampuan dan kesigapan seluruh personel operasional bandara, serta untuk menguji dokumen yang berlaku dan sesuai 'Standar Operating Procedure' (SOP) lainnya ketika terjadi keadaan darurat di bandara.

Dalam latihan tersebut, fungsi koordinasi, komunikasi, serta komando antar unit dan instansi komunitas bandara diuji. Selain untuk menguji personel, latihan PKD juga merupakan upaya untuk menguji Dokumen Penanggulangan Keadaan Darurat Bandar Udara atau 'Airport Emergency Plan' (AEP), Dokumen Program Keamanan Bandar Udara atau 'Airport Security Program' (ASP), serta 'Standard Operating Procedure' (SOP) lainnya yang berlaku di bandara.

“Aspek keselamatan dan keamanan merupakan prioritas utama yang harus diperhatikan dalam bisnis kebandaraudaraan karena berkaitan dengan keselamatan jiwa manusia,”ucap Direktur Operasi AP1 MMA Indah Preastuty.

Angkasa Pura I Gelar Latihan PKD di Bandara Internasional Sultan Hasanuddin

(Foto: dok AP1)

Latihan PKD di Bandara Internasional Sultan Hasanuddin mencakup 3 jenis latihan yakni simulasi kecelakaan pesawat terbang atau aircraft accident exercise, simulasi penanganan ancaman keamanan bandara atau security exercise, dan simulasi kebakaran gedung terminal atau fire building exercise.

Aircraft accident exercise menguji kemampuan personel dan dokumen SOP yang berlaku, yakni dengan mensimulasikan insiden maskapai penerbangan Malino Air yang mengoperasikan pesawat tipe Airbus 330-900 dengan rute Cengkareng-Makassar yang mengangkut 131 penumpang dan 6 awak pesawat, mengalami crash pada saat melakukan pendaratan di Bandara Internasional Sultan Hasanuddin.

Kecelakaan tersebut terjadi dikarenakan pesawat mendapatkan terpaan angin yang ekstrim, serta tidak dapat melakukan pendaratan dengan sempurna sehingga pilot memutuskan untuk melakukan prosedur 'go-around'. Namun, mesin pesawat pada sisi kiri mengalami masalah yang mengakibatkan pesawat kehilangan daya dorong, serta kemudian tidak bisa dikendalikan.

Latihan kedua adalah security exercise yang mensimulasikan penanganan terhadap 2 jenis gangguan keamanan, yaitu huru hara pendemo dan penyanderaan dengan serangan bersenjata.

Angkasa Pura I Gelar Latihan PKD di Bandara Internasional Sultan Hasanuddin

(Foto: dok AP1)

Dalam latihan ketiga yakni fire building exercise, disimulasikan adanya kebakaran di area gate 12 terminal bandara akibat korsleting listrik dari panel air handling unit (AHU).

Dalam pelaksanaannya, latihan PKD ke-113 di Bandara Internasional Sultan Hasanuddin tidak hanya melibatkan personel yang berasal dari internal AP1 saja, tetapi juga melibatkan personel dari sejumlah instansi stakeholder terkait, antara lain dari Perum LPPNPI (AirNav Indonesia) Makassar, TNI, Kepolisian, Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP), Basarnas, rumah sakit sekitar bandara, serta maskapai penerbangan. Secara total, sebanyak sekitar 862 personel dari AP1 dan dari instansi stakeholder yang terlibat.

"AP1 berkomitmen untuk terus mengasah dan meningkatkan kualitas dan kemampuan personel untuk menghadapi setiap risiko, ancaman, serta gangguan keselamatan dan keamanan penerbangan, serta untuk dapat melakukan pertolongan dan evakuasi dalam keadaan darurat,"ujar Indah.

General Manager Bandara Internasional Sultan Hasanuddin Taochid Purnomo Hadi turut menambahkan bahwa seluruh simulasi tersebut dirancang sedemikian rupa mendekati kondisi nyata. Meskipun demikian, kegiatan ini telah dipersiapkan sehingga tidak menganggu operasional penerbangan dan pelayanan pengguna jasa bandara.
(dsa)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1027 seconds (0.1#10.140)