FIK UI Beri Pelatihan Penanganan Lansia Hipertensi di Sukabumi

Kamis, 30 November 2023 - 10:48 WIB
loading...
FIK UI Beri Pelatihan Penanganan Lansia Hipertensi di Sukabumi
Tim Pengabdian Masyarakat FIK UI memberi pelatihan kepada kader kesehatan di Desa Cicantayan, Sukabumi tentang merawat lansia dengan hipertensi. Foto/FIK UI
A A A
SUKABUMI - Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia (FIK UI) menggelar pelatihan kepada kader kesehatan kepada warga di Desa Cicantayan, Sukabumi, Jawa Barat.

Tujuannya untuk memberikan pengetahuan dan keterampilan social support family caregiver training program dalam upaya perawatan dan pencegahan lansia hipertensi dengan komplikasi berbasis home health care.



Ketua Program Pelatihan Masfuri menjelaskan, program ini secara khusus dirancang untuk upaya perawatan dan pencegahan pada lansia dengan masalah hipertensi, diimplementasikan.

"Hipertensi pada lansia menjadi masalah kesehatan yang semakin mendesak dan memerlukan pendekatan holistik," katanya, Rabu (28/11/2023).



FIK UI menyadari kader kesehatan memainkan peran penting dalam memperkuat hubungan antara lembaga kesehatan formal dan masyarakat setempat. Melalui program ini, kata dia, para kader dilatih untuk memberikan dukungan sosial dan keterampilan perawatan kepada keluarga yang memiliki anggota lansia dengan masalah hipertensi.

"Kami ingin memberdayakan kader kesehatan dengan pengetahuan dan keterampilan yang diperlukan untuk mendukung keluarga dalam merawat lansia dengan hipertensi. Dengan mengusung pendekatan Social Support Family Caregiver, kami berharap dapat meningkatkan kesejahteraan lansia dan mencegah komplikasi yang mungkin timbul," ujarnya.



Program pelatihan ini mencakup pemahaman mendalam tentang hipertensi, komplikasinya, dan teknik perawatan yang praktis. Para kader juga diberikan edukasi tentang bagaimana menciptakan lingkungan yang mendukung bagi lansia dan keluarganya.

"Buku panduan dan video edukasi juga disediakan untuk memperkaya pengalaman belajar kader kesehatan," ucapnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1139 seconds (0.1#10.140)