Potensi Lahar Dingin Gunung Agung Masih Tinggi

Kamis, 07 Desember 2017 - 11:30 WIB
Potensi Lahar Dingin Gunung Agung Masih Tinggi
Potensi Lahar Dingin Gunung Agung Masih Tinggi
A A A
KARANGASEM - Kabupaten Karangasem, Bali, terus diguyur hujan. Bahkan pada Rabu kemarin Kabupaten Karangasem diguyur hujan disertai dengan petir. Kondisi itu menyebabkan potensi turunnya lahar dari Gunung Agung pun besar.

Kepala Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Kasbani mengatakan, potensi terjadinya lahar hujan (dingin) pun masih tinggi. Apalagi saat ini intensitas hujan di wilayah Karangasem cukup tinggi.

"Bila dilihat dari produk erupsi pada 21-29 November 2017, pada umumnya berupa abu. Kalau ini terkena hujan artinya potensi terjadi lahar itu masih ada," katanya di Karangasem, Kamis (7/12/2017).

Dia menjelaskan, selama produk itu masih ada dan terjadi hujan besar maka akan turun ke bawah bersama batu-batu. "Kami imbau dengan adanya hujan intensitas yang cukup tinggi ini sebaiknya warga yang di lereng selatan Gunung Agung mencari tempat aman," imbaunya.

Selain itu, warga yang tinggal di sisi utara Gunung Agung pun sama, sebaiknya menjauh. "Terutama warga yang masih tinggal di lembah-lembah Gunung Agung itu juga mencari tempat yang aman," katanya.

Sampai saat ini, Gunung Agung masih berstatus Awas. "Status Gunung Agung berada di Level IV, Awas. Sekarang ini terlihat cerah dan tenang meski masih ada embusan-embusan yang dikeluarkan," ujarnya.
(zik)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4868 seconds (0.1#10.140)