Siasat Panembahan Senopati Utus Wanita Cantik Bikin Pasukan Madiun Tercerai Berai

Rabu, 29 November 2023 - 07:09 WIB
loading...
Siasat Panembahan Senopati Utus Wanita Cantik Bikin Pasukan Madiun Tercerai Berai
Panembahan Senopati yang merintis dan memimpin Kerajaan Mataram menggunakan siasat dan strategi khusus dalam menaklukkan sejumlah wilayah di Jawa Timur. Foto/dok.kebudayaan.jogjakarta.go.id
A A A
PANEMBAHAN Senopati yang merintis dan memimpin Kerajaan Mataram menggunakan siasat dan strategi khusus dalam menaklukkan sejumlah wilayah di Jawa Timur.

Suatu saat, wanita cantik pernah dimanfaatkan oleh Kerajaan Mataram saat menaklukkan Madiun. Taktik ini begitu cerdas ketika Mataram dikuasai oleh Panembahan Senopati, usai peristiwa penaklukan Surabaya oleh tentara Mataram.



Pasukan besar Mataram terus bergerak berusaha menaklukkan wilayah-wilayah di timur ibu kota, salah satunya Madiun. Di sana tentara Mataram berusaha menduduki Madiun, tetapi jumlah prajurit Madiun jauh lebih banyak daripada Mataram.



Saat itu adipati Madiun juga tengah mengumpulkan para bupati untuk mempersiapkan pasukan masing-masing menghadapi gelombang serangan dari Mataram. Bentrokan pun pecah antara kedua kekuatan itu.

Mataram menghadapi serangan besar dari Madiun dan Ponorogo.

Tetapi Panembahan Senopati adalah komandan yang cerdas, sadar jumlah pasukannya kalah. Panembahan Senopati menjalankan strategi tipu muslihat dengan pura-pura menyerah kepada Madiun, sebagaimana dikutip dari "Tuah Bumi Mataram : Dari Panembahan Senopati Hingga Amangkurat II" tulisan Peri Mardiono.



Pernyataan menyerah itu ditulis di dalam sebuah surat yang diantarkan seorang wanita cantik ke Madiun.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1711 seconds (0.1#10.140)