Ketua KPU RI Berharap Pilgub Jabar Jadi Percontohan

Rabu, 06 Desember 2017 - 03:12 WIB
Ketua KPU RI Berharap Pilgub Jabar Jadi Percontohan
Ketua KPU RI Berharap Pilgub Jabar Jadi Percontohan
A A A
BANDUNG - Ketua KPU RI Arief Budiman berharap pelaksanaan Pilgub Jawa Barat 2018 menjadi percontohan bagi daerah lain yang akan menggelar pilkada serentak pada 2018. Bahkan, lebih jauh diharapkan pilgub di Jawa Barat menjadi contoh bagi daerah lain dalam segala hal kesiapannya.

"Mudah-mudahan pilgub di Jawa Barat bisa jadi contoh bagi pelaksanaan pilkada di 170 daerah lain pada 2018," kata Arief saat menghadiri launching Pilgub Jawa Barat 2018 di Sasana Budaya Ganesha, Kota Bandung, Selasa (5/12/2017) malam.

Dia mengungkap, beberapa hal penting terkait pilgub. Pertama adalah soal aturan, KPU Jawa Barat sudah memiliki regulasi untuk mengatur segaka hal terkait pilgub. Kedua adalah soal anggaran, KPU Jawa Barat sudah siap menggelar pilgub karena anggaran dari Pemprov Jawa Barat sudah cair.

Yang ketiga, dia juga melihat jumlah komisioner KPU di kabupaten/kota se-Jawa Barat sudah lengkap. Hal lainnya adalah dukungan eksekutif/legislatif TNI, Polri, hingga kandidat dan partai. Dengan terpenuhinya berbagai unsur yang ada, Arief berharap Pilgub Jawa Barat berjalan lancar.

Ketua KPU Jawa Barat Yayat Hidayat mengatakan pilgub memiliki tantangan besar untuk sukses. Ada banyak hal yang menurutnya sulit untuk dilalui. "Ada tantangan berat yang tidak mungkin bisa dihadapi oleh KPU Jawa Barat sendiri. Tapi itu semua harus didukung oleh para stakeholder yang ada di Jawa Barat," ungkapnya.

Atas dasar itu, Yayat pun mengajak semua pihak untuk sama-sama terlibat dan mengawasi agar pilgub bisa berjalan lancar. Sehingga, apa yang diinginkan oleh masyarakat Jawa Barat terkait pilgub akan terwujud.
(wib)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7119 seconds (0.1#10.140)