Penyelenggara Bali International Airshow dan Angkasa Pura I Menandatangani Perjanjian Kerja Sama

Selasa, 28 November 2023 - 18:57 WIB
loading...
Penyelenggara Bali International Airshow dan Angkasa Pura I Menandatangani Perjanjian Kerja Sama
Perjanjian ini akan membantu melambungkan Bali International Airshow ke kancah global, dan memunculkan Indonesia di sektor penerbangan. (Foto: dok. AP1)
A A A
JAKARTA - Sebuah perjanjian antara perusahaan BUMN PT Angkasa Pura I Bandar Udara I Gusti Ngurah Rai Bali dan PT Inaro Tujuh Belas telah ditandatangani terkait penggunaan fasilitas Bandar Udara untuk kegiatan Bali Internasional Airshow. Perjanjian dan kemitraan ini akan memungkinkan penyelenggara Bali International Airshow, PT Inaro Tujuh Belas, untuk dapat menggunakan hanggar dan apron selatan Bandara Internasional Ngurah Rai Bali sebagai lokasi resmi acara Bali International Airshow 2024.

Dengan potensi kemampuan dan kebutuhan transportasi udara di Indonesia sebagai negara kepulauan, Bali International Airshow diharapkan dapat terus berkembang hingga masa depan. Hal ini akan memberikan Bali International Airshow kemampuan untuk menjadi event yang wajib dihadiri dalam kalender airshow dunia.

Kemitraan antara kedua pihak telah ditandatangani oleh Handy Heryudhitiawan selaku General Manager Bandar Udara I Gusti Ngurah Rai dan Andy Wismarsyah selaku Presiden Direktur PT Inaro Tujuh Belas pada 28 November di General Aviation Terminal (GAT) Bandar Udara Internasional Ngurah Rai, Bali.

Penyelenggara Bali International Airshow dan Angkasa Pura I Menandatangani Perjanjian Kerja Sama


Penandatanganan tersebut disaksikan oleh Jodi Mahardi, Deputi Bidang Koordinasi Sumber Daya Maritim Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Republik Indonesia, Renaud Hamaide selaku Kepala Komisaris dan CEO Comexposium, Elaine Chia selaku CEO Asia Pasifik Comexposium, Danny Budiharto selaku Kepala Komisaris Amara Group, dan Seno Damono selaku COO PT Inaro Tujuh Belas.

“Dengan semakin mendekatnya edisi 2024 Bali International Airshow yang akan diadakan pada September 2024, pencapaian ini menandakan langkah besar dalam persiapan event tersebut. Perjanjian ini juga menunjukkan dukungan besar untuk airshow ini dari berbagai badan pemerintah, termasuk Angkasa Pura I,” ujar Andy Wismarsyah, Presiden Direktur PT Inaro Tujuh Belas.

Bali International Airshow 2024 adalah sebuah upaya kolaborasi dari seluruh elemen pemerintah Indonesia, termasuk Kementerian Republik Indonesia dan agensi-agensi pemerintah, di antaranya Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Republik Indonesia, Kementerian Pertahanan, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Kementerian Perhubungan, Kementerian BUMN, Angkatan Udara Republik Indonesia, dan PT Angkasa Pura I.

“Perjanjian antara PT Angkasa Pura I dan PT Inaro Tujuh Belas menjadi momentum lanjutan untuk memastikan kesiapan pelaksanaan Bali Internasional Airshow tahun depan. Kami sebagai pengelola bandara akan semaksimal mungkin memastikan pelaksanaan event tidak mengganggu operasional penerbangan. Ini akan menjadi kesempatan yang sangat baik untuk memperkenalkan Indonesia di mata dunia kepada semua peserta yang hadir sebagai delegasi atau pengunjung, dan menjadi suatu kebanggan karena kami dapat menjadi bagian dari hal tersebut,” ujar Handy Heryudhitiawan, General Manager Bandar Udara I Gusti Ngurah Rai.

Penyelenggara Bali International Airshow dan Angkasa Pura I Menandatangani Perjanjian Kerja Sama


Bali International Airshow adalah eksposisi perdana di Asia Tenggara untuk penerbangan, teknologi penerbangan, dan pertahanan, yang didedikasikan untuk mendorong Indonesia ke panggung industri penerbangan di wilayahnya. Acara bergengsi ini akan berperan sebagai panggung yang sangat penting untuk menyatukan berbagai pemangku kepentingan industri untuk mengedepankan inovasi dalam penerbangan di Asia Tenggara dan Indonesia.

Diselenggarakan oleh Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Republik Indonesia, Kementerian Pertahanan, Kementerian Perhubungan, dan didukung oleh Kementerian Luar Negeri, Kemeterian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, TNI AU, PT Angkasa Pura I, AirNav Indonesia, dan Otoritas Bandara Internasional Ngurah Rai, Bali International Airshow menandakan komitmen Indonesia yang teguh demi mencapai keunggulan dalam sektor penerbangan.

Acara ini akan diadakan di area seluas 85.000 m², dan akan menampilkan area pameran pesawat statis hingga 70.000 m² dan aula pameran seluas 14.000 m². Acara ini akan membawa peserta lebih dari 300 perusahaan dan lebih dari 100 delegasi dari 35 negara dan wilayah, dan akan menampilkan 10 paviliun negara.
(irh)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1992 seconds (0.1#10.140)