Demi Kesejahteraan, Ganjar-Mahfud Gagas 1 Masjid Rp1 Juta Per Bulan

Selasa, 28 November 2023 - 14:18 WIB
loading...
Demi Kesejahteraan, Ganjar-Mahfud Gagas 1 Masjid Rp1 Juta Per Bulan
Capres 2024 Ganjar Pranowo dan Cawapres Mahfud MD. Foto/SINDOnews
A A A
SEMARANG - Calon presiden dan wakil presiden dari Partai Perindo Ganjar Pranowo - Mahfud MD menggagas program Masjid Sejahtera - Pengurus Masjid Terlindungi dengan memberikan dana operasional untuk kesejahteraan masjid Rp1 juta per bulan.

Program tersebut rencananya akan direalisasikan kepada sekitar 741.991 masjid dan surau yang ada di Indonesia. Juga tidak menutup kemungkinan rumah ibadah lainnya yang juga memerlukan bantuan untuk menyokong biaya operasional rumah ibadah.

Untuk memastikan program tersebut tepat guna dan tepat sasaran, pihaknya akan memaksimalkan peran Badan Kesejahteraan Masjid (BKM) untuk melakukan pendataan. BKM juga nantinya akan bertanggung jawab terhadap menjaga dana bantuan tersebut tepat guna.



Dukungan terhadap program Masjid Sejahtera - Pengurus Masjid Terlindungi ini dipastikan tidak akan membebani anggaran pendapatan belanja negara (APBN). Jika jumlah masjid dan surau yang perlu dibantu sekitar 741.991 unit.

Maka anggaran yang dibutuhkan sekitar Rp8,9 triliun per tahun. Dana tersebut sekitar 0,3 persen dari APBN 2024.

Diketahui, Tim Pemenangan Nasional (TPN) calon presiden dan wakil presiden dari Partai Perindo Ganjar Pranowo - Mahfud MD menggagas program Masjid Sejahtera - Pengurus Masjid Terlindungi. Program ini sebagai bentuk kepedulian nyata pasangan nomor urut 3.



Program kesejahteraan bagi pengurus dan masjid bisa diwujudkan dalam bentuk dana kesejahteraan masjid, dana operasional masjid, masjid Berseri (Berkualitas, Sejahtera, dan Inspiratif), serta masjid makmur (pengurus masjid terlindungi pengurus masjid sejahtera).

Program ini dilatarbelakangi oleh kondisi lebih dari 740 ribu masjid dan surau yang tersebar di seluruh Indonesia. Jutaan marbot atau pengurus masjid dan surau, yang bertanggung jawab mengurus rumah-rumah ibadah itu, selama ini luput dari perhatian pemerintah.

Selain itu, badan kesejahteraan masjid (BKM) belum maksimal jangkau wilayah 3T. Program ini adalah bentuk apresiasi terhadap jasa para pengurus rumah ibadah, berupa pemberian insentif dan juga fasilitas BPJS kesehatan.
(ams)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.6101 seconds (0.1#10.140)