Kebun Binatang Bandung Tanam Puluhan Pohon Keras dan Buah untuk Kesejahteraan Satwa

Selasa, 28 November 2023 - 13:10 WIB
loading...
Kebun Binatang Bandung Tanam Puluhan Pohon Keras dan Buah untuk Kesejahteraan Satwa
Puluhan tanaman keras dan buah ditanam di Kebun Binatang Bandung atau Bandung Zoo. Foto/Ist
A A A
BANDUNG - Puluhan tanaman keras dan buah ditanam di Kebun Binatang Bandung atau Bandung Zoo. Penanaman pohon tersebut untuk mensejahterakan ribuan satwa yang ada di kebun binatang tersebut.

Menurut Ketua Yayasan Margasatwa Taman Sari, Bisma Brata Koesoema, Bandung Zoo melakukan penanaman 50 pohon bertepatan dengan hari menanam sedunia.

Adapun pohon yang ditanam termasuk pohon keras pelindung dan jenis buah buahan seperti pohon alpukat, bisbul, delima, sirsak,jambu,Kaliandra, pepaya, Ki menyan, Ki damar, kersen, rumput gajah dan lainnya.

Bisma Brata Koesoema mengatakan, pihaknya memanfaatkan momen memperingati hari menanam pohon nasional dan juga memasuki musim penghujan. "Kami harus memanfaatkan awal musim penghujan ini untuk melakukan penghijauan di kawasan Bandung Zoo," ujarnya.



Cucu pendiri Bandung Zoo tersebut menegaskan sejumlah pohon keras yang ditanam selain untuk pohon pelindung, dedaunan nya juga bisa dimanfaatkan untuk pakan satwa. Dia menyebutkan pohon Kaliandra merah yang dipakai untuk pakan tambahan beberapa herbivora seperti tapir, jerapah dan lainnya. Ada juga jenis alpukat yang daunnya bisa dimanfaatkan untuk satwa herbivora lainnya.

Dalam aksi tanam pohon kali ini penanaman dilakukan oleh sejumlah pimpinan dan staf manajemen Bandung Zoo yang mengambil tempat di beberapa titik seperti service road dan beberapa lahan kosong lainnya.

Ada juga tim yang melakukan penanaman rumput gajah agar bisa tumbuh di kawasan Bandung Zoo. Rumput gajah yang ada di kawasan Bandung Zoo ini ungkap Bisma, kerap digunakan untuk menambal stok rumput gajah yang kami beli dari luar.

"Harapannya tanaman tanaman ini bisa kami manfaatkan untuk kesejahteraan satwa,” ungkapnya.

Bisma juga menjelaskan ada sejumlah fasilitas anyar yang bisa dinikmati di Bandung Zoo seperti kereta wisata dua gerbong yang diberi nama "Tabon" yang bisa dinaiki pengunjung untuk mengitari kawasan Bandung Zoo.

Manajemen terus meningkatkan kualitas untuk layanan pengunjung seperti memperbaiki sejumlah kandang agar pengunjung semakin nyaman menikmati liburannya.
(hri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1882 seconds (0.1#10.140)