Bangun Klaster Agribisnis di Bali, Kementan Dorong Petani Milenial Tumbuhkan P4S

Senin, 27 November 2023 - 17:31 WIB
loading...
A A A
Untuk itu, diperlukan kerjasama, konektivitas jaringan dan kelembagaan pelayanan usaha dalam satuan entitas usaha berbasis klaster.

”Pengembangan agribisnis berbasis klaster komoditas pertanian, bagi penerima manfaat program YESS perlu dibangun secara terintegrasi di setiap sub sistem agribisnis, melalui penumbuhan P4S terkhusus bagi petani milenial dapat tumbuh dalam pemerataan nasional,” ungkapnya.

Petani milenial tergerak untuk mengembangkandan mengkolaborasikan kegiatan usahanya melalui P4S. Hingga pada akhirnya tercipta lingkungan ekosistem kewirausahaan yang mendukung petani milenial dan komunitasnya dalam mengembangkan usaha pertanian.

Diakhir acara seluruh peserta berkesempatan melakukan kunjungan ke P4S Bali Sri Organik dan P4S Wiwanda Agrow. Syva Dila Kharisma, Young Ambassador Agriculture Program YESS asal Banyuwangi menyampaikan kesannya mengikuti kegiatan ini.

”Senang sekali bisa mengikuti kegiatan ini dan berharap segera memiliki sertifikat P4S. Saya mendapatkan ilmu, terlebih saat berkunjung ke P4S Wiwanda Agrow. Sepulang dari sini saya coba terapkan di daerah saya mengingat agrowisata disana cukup tinggi,” ungkap Syva.
(ams)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1292 seconds (0.1#10.140)