Sempat Hilang di Gunung Sibayak, 3 Pendaki Asal Medan Ditemukan Selamat

Minggu, 26 November 2023 - 11:47 WIB
loading...
Sempat Hilang di Gunung Sibayak, 3 Pendaki Asal Medan Ditemukan Selamat
Tiga pendaki asal Medan yang sempat dinyatakan hilang karena tersesat di Gunung Api Sibayak berhasil ditemukan dan dievakuasi Tim SAR gabungan. Foto/Wahyudi AS/MPI
A A A
KARO - Sebanyak tiga pendaki asal Medan yang sempat dinyatakan hilang karena tersesat di Gunung Api Sibayak berhasil ditemukan dan dievakuasi Tim SAR gabungan, pada Minggu (26/11/2023) pagi.

Sebelum dievakuasi, ketiga pendaki yang bernama Lois Hendro (29), Hafiz (17), dan Kurniawan (20) itu sempat dinyatakan hilang sejak Jumat, 24 November 2023 kemarin.

Kepala Kantor Badan Pencarian dan Pertolongan (SAR) Nasional Kota Medan, Budiono, mengatakan ketiga pendaki itu ditemukan dengan kondisi hidup pada Sabtu, 25 November 2023 sekitar pukul 20.30 WIB di sekitar Puncak Telaga Putri. Mereka kemudian dievakuasi ke posko pendakian Gunung Api Sibayak.

"Dini hari tadi sekitar pukul 02.05 WIB mereka sudah tiba di posko dan selanjutnya kita serahkan ke keluarganya. Pagi ini mereka kembali ke rumah masing-masing," kata Budiono.



Budiono menyebutkan, ketiga pendaki berhasil ditemukan setelah Tim SAR Gabungan menelusuri jalur pendakian yang dilalui para pendaki hingga menuju puncak Gunung Sibayak.

"Hasil positif ini berkat sinergitas dan koordinasi yang baik antar semua unsur yang terlibat. Atas sinergitas dan koordinasi yang baik itu kami ucapkan terima kasih kepada semua potensi SAR yang terlibat dalam pencarian dan evakuasi yang sudah dilakukan," pungkas Budiono.

Untuk diketahui, ketiga pendaki itu naik ke puncak Gunung Sibayak pada Kamis, 23 November 2023 malam. Pagi harinya, mereka berhasil tiba di puncak.

Sore harinya, mereka memutuskan untuk turun namun justru tersesat. Salah satu pendaki kemudian berhasil menghubungi keluarganya dan memberitahukan bahwa mereka tersesat.

Informasi itu kemudian dilaporkan ke Kantor Basarnas Medan yang kemudian menurunkan tim untuk melakukan pencarian. Korban pun hingga akhirnya ditemukan setelah sehari kemudian.
(hri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1083 seconds (0.1#10.140)