Usai Meletus, Gunung Agung Terus Dilanda Gempa Tremor

Rabu, 22 November 2017 - 16:18 WIB
Usai Meletus, Gunung Agung Terus Dilanda Gempa Tremor
Usai Meletus, Gunung Agung Terus Dilanda Gempa Tremor
A A A
KARANGASEM - Gempa tremor terus terjadi dari pagi hingga hingga sore hari ini, Rabu (22/11/2017) di Gunung Agung. Bahkan kepulan asap yang dikeluarkan oleh Gunung Agung yang berada di Karangasem tersebut terus meningkat hingga ketinggian 1.000 meter.

Dikabarkan sebelumnya bahwa berdasarkan pengamatan sekira pukul 06.00 hingga 12.00 Wita kepulan asap yang dikeluarkan Gunung Agung hanya 700 meter kemudian naik lagi.

"Tremor menerus sampai saat ini masih terjadi. Kepulan asap juga masih terus terjadi tadi sempat sampai ketinggian 1.000 meter, kemudian turun lagi sampai 500 meter. Kepulan asapnya masih fluktuatif," kata Kepala Bidang Mitigasi PVMBG, I Gede Suantika di Pos Pantau Rendang Gunung Agung, Karangasem.

Dia menjelaskan, meski Tremor Menerus terus terjadi namun belum mampu menjebol magma Gunung Agung. "Magmanya masih keras belum mampu dijebol oleh Tremor terus menerus," katanya.

Dia menerangkan, sampai saat ini belum ada erupsi susulan. Dikabarkan sebelumnya bahwa Gunung Agung sempat erupsi pada Selasa 21 November 2017 sekira pukul 17.05 Wita.

"Dampak dari erupsi kemarin belum ada yang signifikan. Karena letusanya masih kecil, dampaknya hanya ada diatas puncak Gunung Agung," pungkasnya.

Rekomendasi untuk masyarakat masih tetap sama dimana warga dan wisatawan agar tidak berada, tidak melakukan pendakian dan tidak melakukan aktivitas apapun di Zona Perkiraan Bahaya yaitu di dalam area kawah Gunung Agung dan di seluruh area di dalam radius 6 km dari kawah puncak gunung.

Ditambah perluasan sektoral ke arah Utara-Timurlaut dan Tenggara-Selatan-Baratdaya sejauh 7,5 km. Zona Perkiraan Bahaya sifatnya dinamis dan terus dievaluasi dan dapat diubah sewaktu-waktu mengikuti perkembangan data pengamatan Gunung Agung yang paling aktual.
(sms)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.4031 seconds (0.1#10.140)