Sejarah dan Asal-usul Nama Sabang, Kota di Ujung Barat Indonesia

Rabu, 22 November 2023 - 13:18 WIB
loading...
Sejarah dan Asal-usul Nama Sabang, Kota di Ujung Barat Indonesia
Kota Sabang terkenal dengan julukan Pulau Seribu Benteng. Ini karena Jepang membangun banyak benteng di sana pada masa lampau. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Sejarah dan asal-usul nama Sabang menarik diulas. Sabang merupakan kota kecil yang terletak di ujung barat Indonesia.

Kota Sabang berada di Pulau Weh yang terletak di ujung Pulau Sumatera. Sabang juga dikenal sebagai salah satu destinasi wisata yang menakjubkan dengan keindahan alamnya yang memesona.

Selain itu, Kota Sabang juga terkenal dengan julukan Pulau Seribu Benteng. Hal ini karena Jepang membangun banyak benteng di sana pada masa lampau.

Lalu, bagaimana sejarah dan asal-usul nama Sabang? Berikut ulasannya.

Sejarah Sabang


Dilansir dari laman resmi Pemerintah Kota Sabang, sekitar tahun 301 sebelum Masehi, seorang Ahli bumi Yunani, Ptolomeus berlayar ke arah timur dan berlabuh di sebuah pulau tak terkenal di ujung selat Malaka.



Terdapat sebuah pulau yang saat ini dikenal sebagai Pulau Weh. Kemudian dia menyebut dan memperkenalkan pulau tersebut sebagai Pulau Emas di peta para pelaut.

Pulau Weh yang terletak di Selat Malaka memiliki sejarah panjang sebagai pusat perdagangan dan pelabuhan strategis. Pada awalnya, dikenal sebagai Pulau Emas oleh Ptolomeus, kemudian disebut Sabang oleh para pedagang Arab.

Sejak abad ke-13, pelabuhan ini menjadi tempat penting bagi pelayaran dari Oman ke China melalui rute yang meliputi beberapa pulau dan tempat lainnya. Peran Sabang semakin kuat setelah tahun 1869.

Ketika itu jalur perdagangan ke Indonesia melalui Selat Malaka menjadi lebih populer setelah dibukanya Terusan Suez. Pemerintah Hindia Belanda membuka Sabang sebagai dermaga utama karena kealamian pelabuhan dan lokasinya yang strategis.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1027 seconds (0.1#10.140)