Sejarah dan Asal-usul Nagan Raya, Kabupaten di Aceh yang Berdiri pada 2002

Selasa, 21 November 2023 - 12:29 WIB
loading...
Sejarah dan Asal-usul Nagan Raya, Kabupaten di Aceh yang Berdiri pada 2002
Danau Laut Tadu di Nagan Raya, Aceh. Foto/ANTARA
A A A
JAKARTA - Nagan Raya merupakan salah satu kabupaten yang berada di Provinsi Aceh . Wilayah ini merupakan salah satu bentuk pemekaran yang terjadi di Aceh Barat pada tahun 2002 lalu.

Kabupaten Nagan Raya berbatasan dengan Kabupaten Aceh Tengah di bagian utara, Kabupaten Aceh Barat di selatan, Kabupaten Aceh Barat Daya sebelah barat, dan Kabupaten Gayo Luwes di bagian timur.

Kabupaten ini terdiri dari beberapa kecamatan, di antaranya Kecamatan Beutong, Kecamatan Darul Makmur, Kecamatan Kuala, Kecamatan Seunagan, dan Kecamatan Seunagan Timur.



Berikut sejarah dan asal-usul usul Kabupaten Nagan Raya di Aceh.

Sejarah dan Asal-usul Kabupaten Nagan Raya


Secara historis, Kabupaten Nagan Raya dulunya berada di bawah kekuasaan Kesultanan Aceh. Kerajaan tersebut dibangun pada abad ke-16 atas prakarsa Sultan Saidil Mukammil kemudian dilanjutkan oleh Sultan Iskandar Muda menurut laman resmi Pemkab Aceh Barat.

Seiring dengan datangnya kolonial Belanda, Aceh menjadi salah satu wilayah yang keras dalam perlawanan terhadap penjajahan. Perang Aceh melawan Belanda berlangsung dari akhir abad ke-19 hingga awal abad ke-20.

Setelah proklamasi kemerdekaan Republik Indonesia, berdasarkan Undang-undang Nomor 7 (Drt) Tahun 1956 tentang pembentukan Daerah Otonom Kabupaten-kabupaten dalam lingkungan Provinsi Sumatera Utara, wilayah Aceh Barat dimekarkan menjadi 2 (dua) Kabupaten, yaitu Kabupaten Aceh Barat dan Kabupaten Aceh Selatan.



Kabupaten Aceh Barat dengan ibu kota Meulaboh terdiri dari tiga wilayah, yaitu Meulaboh, Calang dan Simeulue, dengan jumlah kecamatan sebanyak 19 (sembilan belas) kecamatan
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1015 seconds (0.1#10.140)