Heboh Penampakan Gajah Sumatera Tersesat dan Nyasar Masuk Tol Pekanbaru

Senin, 20 November 2023 - 17:35 WIB
loading...
Heboh Penampakan Gajah Sumatera Tersesat dan Nyasar Masuk Tol Pekanbaru
Seekor gajah Sumatera heboh menyebarangi menyebrang Tol Pekanbaru Dumai (Permai). Foto/Tangkapan Layar
A A A
PEKANBARU - Seekor gajah Sumatera menyebarangi menyebrang Tol Pekanbaru Dumai (Permai). Kemungkinan kuat bahwa gajah dewasa itu tersesat dan menyeberangi untuk mencari kawanan lainnya.

Menyebarangnya gajah di Tol Trans Sumatera yang memang sebenarnya memiliki terowongan penyebrangan (underpass) gajah viral di media sosial. Terlihat gajah itu menyeberang di kilometer 81.

Alhasil, gajah tersebut membuat heboh pengendaran yang melintas. Dari rekaman video yang berdar, terlihat gajah liar itu menyeberang ke arah perkebunan sawit. Hal itu diabadikan oleh pengguna tol yang melintas.



Kepala Bidang Teknis Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Riau, Ujang Holisudin memaparkan bahwa gajah yang menyerang dan direkam oleh warga itu adalah gajah bernama Getar. Gajah getar ini sebelumnya bersama kelompok Balai Raja.

”Gajah itu menyerang di kilometer 81 tol Pekanbaru Dumai kemarin. Dia menyebrang dari Balai dan kemungkinan dia akan mencari kelompok gajah Suakamargasatawa Giam Siak Kecil yang berada di sebrang,” kata Ujang, Senin (20/11/2023).



Dijelaskannya, gajah yang menyebrang di KM 81 adalah gajah Getar berjenis kelamin jantan usia sekitar 30-35 tahun. Gajah ini merupakan hajah penyendiri atau soliter.

”Getar ini memiliki karakter yang sama dengan Gajah Codet yaitu berpindah dari Kantong Gajah Balai Raja dan Kantong Giam Siak," imbuhnya.

Kemungkinan kuat memang Gajah Getar masuk ke tol dengan menembus pagar dinding tol. Setelah berhasil, dia menyeberang lagi ke pembatas tol.“Gajah ini memang tidak di pasang GPS karena terkadang biasanya bergerak bersama rombongan Gajah Seruni,” imbuhnya.
(ams)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1081 seconds (0.1#10.140)