89% Pelaku Usaha Mikro-Kecil di Jabar Belum Berbisnis secara Online

Jum'at, 07 Agustus 2020 - 08:00 WIB
loading...
89% Pelaku Usaha Mikro-Kecil di Jabar Belum Berbisnis secara Online
Foto/SINDOnews/Ilustrasi
A A A
BANDUNG - Kendati digitalisasi perdagangan telah gencar dilakukan, namun hingga saat ini sekitar 89% pelaku usaha mikro dan kecil di Jabar belum mengakses internet sebagai media melakukan perdagangan.

Padahal, secara jumlah, sekitar 98,8% usaha di Jawa Barat masuk dalam kategori usaha mikro dan kecil (UMK). Dari jumlah itu, mereka mampu menyerap 74% tenaga kerja. Kontribusi UMKM juga sangat signifikan bagi perekonomian. Sayangnya, pandemi menyebabkan banyak pelaku usaha sulit bertahan. (BACA JUGA: Gawat, Sebanyak 85,42% UMKM Terancam Bangkrut )

Head of West Indonesia Grab Indonesia Richard Aditya mengatakan, banyak bisnis yang tidak mampu bertahan dan bersaing di era new normal ini karena belum terdigitalisasi. Perubahan pola konsumsi masyarakat yang bergantung pada layanan digital menjadi salah satu faktor terbesar. (BACA JUGA: Jerit Pelaku UMKM di Lembang Terancam Bangkrut Akibat Pandemi COVID-19 )

"Beralih dan mulai memanfaatkan digitalisasi adalah cara terbaik yang bisa dilakukan oleh para pelaku UMKM untuk mempertahankan usaha mereka di era tatanan baru ini," kata Richard dalam acara peluncuran Program Terus Usaha di Jawa Barat, Kamis (6/8/2020). (BACA JUGA: Selamatkan Ekonomi Jabar, Pemerintah Didesak Kucurkan Kredit Ringan bagi UMKM )

89% Pelaku Usaha Mikro-Kecil di Jabar Belum Berbisnis secara Online

Head of West Indonesia Grab Indonesia Richard Aditya. Foto/Tangkapan Layar PeluncuranProgram Terus Usaha

Riset Center for Strategic and International Studies (CSIS) dan Tenggara mengungkap fakta, pekerja lepas dan UMKM yang didukung teknologi Grab berkontribusi sebesar Rp10,1 triliun bagi perekonomian Jawa Barat di tahun di 2018.

Sementara riset terbaru yang dilakukan pada 2020 menunjukkan responden melihat peningkatan pendapatan hingga 138% melalui digitalisasi.

Sebesar 31% responden mengaku bisa membuka lapangan pekerjaan bagi lebih banyak orang saat bisnisnya berkembang. Hal ini menandakan pentingnya digitalisasi untuk membantu ketahanan ekonomi, khususnya memasuki era new normal ini.

Program Terus Usaha, ujar Richard, juga sejalan dengan komitmen jangka panjang Grab untuk membawa lebih banyak dampak positif dari teknologi.

"Program ini mencakup berbagai solusi digitalisasi termasuk pemberian iklan gratis bagi ribuan UMKM Jawa Barat, peluncuran 2 platform digital dan sebuah portal yang dirancang khusus bagi UMKM agar bisa belajar dan mencari inspirasi," ujar Richard.

Sementara itu, Kepala Biro Perekonomian Sekretariat Daerah Provinsi Jawa Barat Benny Bachtiar mengatakan, saat ini, ada banyak UMKM yang terancam kehilangan penghasilan akibat terdampak pandemi COVID-19. Di tengah kesulitan ini, pasti ada peluang yang bisa dimanfaatkan.

"Program Terus Usaha ini adalah salah satu kampanye positif yang harus bersama-sama kita dukung. Diharapkan UMKM bisa menjadi sokoguru perekonomian bangsa dan membawa kembali kebangkitan perekonomian bangsa serta mampu menyejahterakan rakyat," kata Benny.
(awd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.5065 seconds (0.1#10.140)