Chef Arnold Jadi Narasumber Cobek Kreatif Surabaya, Bagikan Kunci Sukses Bisnis Kuliner

Sabtu, 18 November 2023 - 07:54 WIB
loading...
Chef Arnold Jadi Narasumber Cobek Kreatif Surabaya, Bagikan Kunci Sukses Bisnis Kuliner
Chef Arnold menjadi salah satu narasumber acara Cobek Kreatif Surabaya di Universitas Airlangga, Jumat (17/11/2023). Foto/Masdarul Kh/MPI
A A A
SURABAYA - Chef Arnold Poernomo menjadi salah satu narasumber acara Cobek Kreatif, Cangkruk dan Ngobrol Bareng Pelaku Ekonomi Kreatif Surabaya di Gedung ASEEC, Universitas Airlangga, Jumat (17/11/2023).

Chef Arnold menjadi bintang kedua setelah Wamenparekraf Angela Tanoesoedibjo yang didapuk menjadi moderator.

Dalam paparannya, Chef Arnold menceritakan perjalanan kariernya mulai menjadi tukang cuci piring pada usia 14 tahun hingga belajar memasak dan akhirnya menjadi master chef Indonesia.

Kahadiran Chef Arnold menjadi daya tarik tersendiri. Sejumlah mahasiswa melontarkan pertanyaan kepada Arnold seputar kuliner, mulai memasak hingga masuk ke industrinya.



Menurut masterchef asal Surabaya ini, memberi bocoran tips untuk bisnis kuliner. "Tips usaha kuliner itu yang paling penting adalah tahu diri," kata Arnold di hadapan ratusan mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi di Kota Pahlawan.

Menurut Arnold, semua orang bisa memasak berbagai olahan makanan dan minuman. Namun, belum tentu mereka bisa berbisnis padahal masakannya enak. "Sebaliknya, orang bisa berbisnis tapi tidak bisa memasak," terangnya.

Dalam kondisi seperti ini, semestinya berkolaborasi. "Mencari partner yang tepat," imbuhnya.

Selanjutnya, sambung Arnold yang sekarang menjadi tenaga Ahli di Kemenparekraf, jika ingin berbisnis kuliner bisa dilakukan dalam skala kecil dulu. Di era digitalisasi sekarang ini, semua dimudahkan. Bisnis bisa lewat smartphone.

"Manfaatkan platform digital yang kita punyai. Promosikan produk makanan dan minuman kita melalui media sosial, IG dan platform yang lain," paparnya.

Diketahui, Cobek Kreatif ini persembahan Kemenparekraf untuk memfasilitasi para pelaku ekraf, termasuk mahasiswa dan anak-anak muda hebat di Tanah Air.

Cobek Kreatif di Unair ini menghadirkan tiga narasumber lain yaitu Dimas Angga Prayitno (mahasiswa Unair), Dzakwan Nabil (mahasiswaITS), Rintan Putri (alumni Unair). Sedangkan Wamenparekraf Angela didaulat sebagai moderatornya.
(hri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1220 seconds (0.1#10.140)