Kelompok Bersenjata Baku Tembak dengan Brimob, 2 Kendaraan PT Freeport Rusak

Jum'at, 03 November 2017 - 19:02 WIB
Kelompok Bersenjata Baku Tembak dengan Brimob, 2 Kendaraan PT Freeport Rusak
Kelompok Bersenjata Baku Tembak dengan Brimob, 2 Kendaraan PT Freeport Rusak
A A A
TEMBAGAPURA - Baku tembak kembali pecah di areal PT Freeport Indonesia, Jumat (3/11/2017) pukul 14.40 WIT tepatnya di mile point 69 Tembagapura antara Tim Khusus Brimob Polda Papua dan Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB). Dari informasi yang didapatkan SINDOnews, kejadian kontak senjata ini berawal pada pukul 14.35 WIT adanya penembakan terhadap dua mobil karyawan Freeport Indonesia oleh Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB).

Penembakan diduga dilakukan sebanyak tujuh kali di areal PT Freeport tepatnya di Mile Point 69, yang mengakibatkan mobil karyawan jenis LWB mengalami kerusakan pada bagian kaca dan bodi mobil.

Aparat keamanan dari Timsus reaksi cepat Brimob Polda Papua yang mendapatkan informasi penembakan tersebut langsung mendatangi TKP dan mencoba mengejar pelaku.

Namun aparat yang tiba di TKP mendapat perlawanan dari Kelompok KKB dan sempat terjadi kontak tembak dimana aparat Satgasus Brimob Polda Papua sempat melakukan tembakan (rentet) sekitar 30 kali, disusul dengan kendaraan Rantis Brimob dan 1 pleton Timsus.

Aparat akhirnya berhasil menguasai keadaan dan berhasil menyelamatkan sopir serta kendaraan karyawan Freeport Indonesia ke daerah yang aman, tidak ada korban jiwa dalam insiden ini. Namun sopir kendaraan karyawan PT Freeport Indonesia diduga mengalami luka ringan akibat serpihan peluru dan kaca mobil.

Pihak Polda Papua melalui Kabid Humas Kombes Pol Achmad Mustofha Kamal yang dikonfirmasi SINDOnews terkait kejadian ini melalui pesan WhatsApp belum menjawab.

Sementara Kapolres Mimika AKBP Victor Dean Mackbon yang juga coba dikonfirmasi SINDOnews pun tak menjawab pesan WhatsApp walau pun yang bersangkutan telah membaca pesan yang dikirimkan.

Sampai saat ini situasi masih belum terkendali, namun tembakan sudah tidak terjadi, kondisi cuaca hujan deras saat kejadian terjadi.

Sementara itu salah satu sumber SINDOnews di Tembagapura mengatakan, atas kejadian penembakan tersebut, areal jalan dari Mile Point 68 hingga 71,5 ditutup sementara. Dilaporkan tidak ada korban dalam insiden tersebut.

"Saat ini sedang diinvestigasi. Kemungkinan karyawan yang dari RC ke 68 atau sebaliknya akan menggunakan Bus Armor," jelas sumber SINDOnews dari Tembagapura yang enggan namanya disebutkan.
(sms)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7174 seconds (0.1#10.140)